Olahan Ikan Tamban yang Bergizi & Menggugah Selera

Resep Ikan Gembung Lombok Ijo Sederhana Enak | Chef maharani citra dyah  mentari

Ikan tamban adalah jenis ikan yang hidup dalam kawanan besar di permukaan laut. Duri dari ikan tamban sangat mudah lepas dari badannya jika sudah dimasak. Terdapat banyak jenis dariikan tamban “Clupea”; diantaranya seperti: tamban beluru, tamban bulat, tambal sinatan. Ikan tamban termasuk jenis ikan sardinella, dan juga merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan di pesisir pantai timur, seperti Kepulauan Riau.

Di samping sebagai bahan pangan pokok, ikan tamban memiliki kandungan gizi yang baik, diantaranya protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin C zat besi dan vitamin B1.

Ikan tamban memiliki banyak manfaat diantaranya adalah:

  1. Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka
  2. Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh
  3. Dapat Mencegah Penyakit Jantung
  4. Dapat Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
  5. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit
  6. Dapat Menjaga Kesehatan Mata
  7. Dapat Menjadi Peluang Untuk Berbisnis
  8. Dapat Mengatasi Anemia
  9. Dapat Menjadi Pakan Kucing
  10. Dapat Meringankan Pusing atau Sakit Kepala
  11. Dapat Menambah Kandungan Gizi
  12. Dapat Mencegah Terserang Resiko Penyakit
  13. Dapat Mencegah Osteoporosis
  14. Dapat Menambah Tinggi Badan Pada Masa Pertumbuhan
  15. Dapat Mencegah Kanker

Dengan banyaknya manfaat yang telah disebutkan di atas, sudah sepatutnya kita bisa manfaatkan ikan tamban. Salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi makanan sehingga dapat memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Ikan tamban dapat diolah dengan beragam masakan dan divariasikan dengan bahan makanan lainnya. Nah, salah satu olahan sedap ikan tamban adalah ikan tamban terong ijo balado.

Di artikel kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Ikan tamban terong ijo balado dengan mudah dan pastinya enak. Ikan tamban sangat cocok dikombinasikan dengan terong ijo. Di mana menu makanan terong balado merupakan salah satu primadona masakan yang berasal dari suku minangkabau, Sumatra Barat.

Memiliki cita rasa yang pedas seperti pada masakan minangkabau pada umumnya, tetapi lezat sehingga bisa disantap walau tanpa nasi. Ikan tamban dan terong ijo memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sehingga sangat baik dikonsumsi, pasalnya mengkonsumsi makanan yang sehat itu sangatlah penting untuk tubuh, tentunya dengan kandungan gizi yang seimbang.

Terong Balado merupakan salah satu primadona masakan dari Ranah Minang.  Namun tenang saja karena cukupudah dibuat, berikut kami bagikan untuk tutorial cara membuat ikan tamban terong ijo balado yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 6 bahan dan 4 langkah saja.

 

6 Bahan untuk Resep Ikan Tamban Terong Ijo Balado

Untuk dapat membuat Ikan tamban terong ijo balado pada postingan ini Anda hanya membutuhkan 6 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  • Siapkan 2 buah terong ijo sedang
  • Siapkan 10 buah cabe merah keriting
  • Siapkan 3 siung bawang merah
  • Siapkan 50 gram ikan tamban
  • Siapkan minyak goreng secukupnya.
  • Siapkan garam secukupnya.

Terong Balado merupakan masakan padang, tidak hanya disukai oleh penduduk Sumatera Barat, tetapi juga populer di seluruh nusantara, bahkan di luar negeri.

 

4 Langkah Membuat Ikan Tamban Terong Ijo Balado

Sesudah kita selesai menyiapkan 6 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Ikan tamban terong ijo balado dibawah ini.

  1. Bersihkan ikan lalu goreng.
  2. Potong dan goreng terong hijau.
  3. Giling cabe keriting dan masukkan bawang, lalu tumis dan goreng.
  4. Setelah cabe goreng nya dingin, campurkan terong dan ikan tamban tadi, sajikan dengan nasi panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *