Selain Lezat Dijadikan Tumisan, Kangkung Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Kangkung Akar  |  TaniHub
source gambar : tanihub.com

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang tentunya sudah sangat akrab dalam masakan Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Daun dan batangnya yang manis lembut juga segar dicari banyak orang untuk sekedar direbus atau ditumis. Di Indonesia sendiri, tumis kangkung merupakan salah satu masakan pelengkap yang paling sering dihidangkan bersama ikan atau ayam goreng.

Kangkung termasuk jenis sayuran yang memiliki daun cukup cepat tumbuh, dan juga tergolong dalam keluarga Convolvulaceae. Sayuran dengan nama ilmiah Ipomoea aquatica ini tidak berkerabat dekat dengan bayam, justru kangkung lebih dekat dengan ubi jalar.

Perlu diketahui, manfaat kangkung bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu karena kangkung sangat kaya nutrisi. Nah, berikut dibawah ini akan diperkenalkan beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui :

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan Dan Sembelit

Manfaat kangkung untuk kesehatan yang pertama adalah membantu melancarkan pencernaan serta memberikan kelegaan dari berbagai gangguan pencernaan secara alami. Pasalnya, kangkung sangat kaya akan serat.

Kangkung memiliki sifat pencahar ringan yang berguna bagi kamu yang mengidap gangguan pencernaan dan sembelit. Minum jus kangkung juga dipercaya mampu dapat meredakan sembelit.

Kangkung juga nyatanya dimanfaatkan dalam pengobatan infestasi cacing usus, karena sayuran ini mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

  1. Mengobati Anemia

Karena kangkung kaya akan zat besi, sehingga ibu hamil bisa memanfaatkan sayuran ini. Daun kangkung yang mengandung zat besi tinggi dapat mencegah ibu hamil mengalami anemia. Sebab, ibu hamil sangat membutuhkan zat besi tambahan dalam makanan hariannya.

Zat besi adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh, khususnya oleh sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin. Namun, agar lebih aman, ibu hamil perlu mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter tentang jumlah aman konsumsi kangkung selama kehamilan.

  1. Bermanfaat Untuk Mata

Kandungan karotenoid, vitamin A, dan lutein yang cukup tinggi dalam kangkung sangat penting untuk kesehatan mata. Kangkung juga meningkatkan kadar glutathione yang berperan penting dalam pencegahan katarak.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kangkung merupakan jenis sayuran yang menjadi gudang nutrisi, apalagi dengan harganya yang cukup terjangkau. Kamu tentu bisa mendapatkannya dengan mudah. Kangkung juga menjadi cara murah dan alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh dibandingkan dengan suplemen vitamin C.

Mengonsumsi kangkung secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mendukung perkembangan tulang sehat. Nutrisi didalam sayuran berdaun hijau ini juga berkontribusi pada tubuh yang sehat dengan cara menetralkan dan menghilangkan racun.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat kangkung selanjutnya adalah dapat mencegah perkembangan kanker yang terjadi di sistem pencernaan. Sebab, sayuran berdaun hijau ini juga kaya akan senyawa antioksidan.

Senyawa antioksidan tersebut dapat membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga mengubah kondisi ketika sel kanker berkembang biak serta menguatkan lingkungan sel alami.

Kangkung dipercaya yang paling bermanfaat dalam pencegahan kanker kolorektal serta perut dan kanker kulit juga payudara.

  1. Perlindungan Terhadap Penyakit Jantung

Kangkung mengandung nutrisi penting tertentu seperti vitamin A, vitamin C, dan konsentrasi beta-karoten yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kolesterol teroksidasi.

Selain itu, kangkung juga mengandung folat yang dapat membantu mengubah bahan kimia berbahaya yang disebut homosistein, yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan serangan jantung maupun stroke.

Sementara magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *