Inilah Beberapa BUMN yang Menyediakan Layanan Internet

Telkom Bangun High Throughput Satellite demi Kedaulatan Digital Indonesia

 

Internet adalah sebuah teknologi yang tidak pernah lepas kontribusinya di segala aspek dalam kehidupan. Hampir semua kegiatan yang kita lakukan pada saat ini memenafaatkan teknologi internet untuk mempermudahnya. Kehadiran internet ini sendiri tentu saja disertai dengan kehadiran perusahaan penyedia layanan internet.

Penggabungan sejumlah anak usaha pelat merah atau BUMN yang bergerak di bidang penyedia layanan internet direncanakan oleh menteri BUMN, Erick Thohir. Hal ini disebabkan karena sejumlah anak usaha tersebut sudah tidak sejalan dengan usaha intinya atau berada di luar klasterisasi.

Penggabungan anak usaha BUMN yang bergerak di bidang yang sama itu diharapkan mampu membuat bisnis tersebut lebih bisa tersinkronisasi dan efektif.

“Ada satu dua BUMN yang sedang kami dalami, salah satunya memang kalau dalam pembicaraan internal kami karena ada rapat pimpinan mingguan, mengenai ICON+ dengan Telkom (IndiHome). Nah, ini kami lakukan (kajian konsolidasi),” ucap Bapak Menteri BUMN tersebut dalam rapat bersama komisi V DPR RI.

Lalu, sebenarnya perusahaan milik negara apa saja yang bergerak dalam bidang penyedia jasa layanan internet saat ini? Inilah penjelasannya seperti yang dilansir oleh Fortune Indonesia: Media Bisnis dan Ekonomi!

 

Telkom Indonesia

Telkom Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini sepertinya sudah sangat terkenal sebagai penyedia layanan internet yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Layanan penyediaan internet dari PT Telkom indonesia adalah Indonesia Digital Home, lebih dikenal dengan sebutan IndiHome. Layanan internet ini telah diluncurkan sejak tahun 2013. Tak hanya menyediakan jaringan internet yang terhubng dengan telepon rumah saja, IndiHome juga termasuk dalam layanan TV berbayar.

IndiHome memiliki teknologi jaringan fiber optik yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Layanan internet yang diberikan ada dalam sejumlah paket dengan kecepatan yang berbeda-beda, bahkan hingga 300Mbps.

Telkom Indonesia sendiri sudah bercabang di kota besar maupun kota kecil di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, tak heran apabila salah satu produknya bisa dinikmati di berbagai daerah.

 

Jasa Marga

Jasa Marga, sebagai perusahaan yang mengelola jalan tol di Indonesia ternyata juga memiliki unit bisnis yang menyediakan jasa layanan internet melalui anak usahanya yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Jaringan fiber optik juga dimanfaatkan oleh perusahaan ini untuk menyediakan layanan internet di wilayah Pulau Jawa dan menjadi salah satu alternatif layanan internet bagi para pengguna jalan tol di sepanjang fasilitas milik Jasa Marga tersebut.

Walaupun begitu, pihak Jasa Marga sendiri mengatakan bahwa layanan mereka tak memiliki sedikitpun maksud untuk menyaingi sektor bisnis internet dari sesama BUMN. Mereka hanya memberikan alternatif bagi para pengguna jalan tol yang dikelola oleh pihak Jasa Marga.

 

PLN

Seperti yang telah semua orang ketahui, PLN merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di sektor penyediaan sumber energi listrik. Ternyata, PLN juga memiliki jasa layanan internet melalui anak usahanya yaitu PT Indonesia Comnets Plus.

Layanan internet ini diberi nama Iconnet, merupakan layanan berbasis broadband yang memberikan dua paket penawaran, yaitu internet saja atau dengan paket TV berlangganan.

 

PGN

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk juga memiliki layanan internet yang disediakan melalui anak usahanya, yaitu PT Telemedia Dinamika Sarana. Layanan ini telah diluncurkan sejak tahun 2012 dengan produk  yang dinamakan Gasnet dengan layanan internet khusus bagi kelompk ritel.

Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan internet serta TV kabel yang bisa dinikmati oleh pelanggan rumah tangga, Gasnet Play.

Selain Lezat Dijadikan Tumisan, Kangkung Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Kangkung Akar  |  TaniHub
source gambar : tanihub.com

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang tentunya sudah sangat akrab dalam masakan Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Daun dan batangnya yang manis lembut juga segar dicari banyak orang untuk sekedar direbus atau ditumis. Di Indonesia sendiri, tumis kangkung merupakan salah satu masakan pelengkap yang paling sering dihidangkan bersama ikan atau ayam goreng.

Kangkung termasuk jenis sayuran yang memiliki daun cukup cepat tumbuh, dan juga tergolong dalam keluarga Convolvulaceae. Sayuran dengan nama ilmiah Ipomoea aquatica ini tidak berkerabat dekat dengan bayam, justru kangkung lebih dekat dengan ubi jalar.

Perlu diketahui, manfaat kangkung bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu karena kangkung sangat kaya nutrisi. Nah, berikut dibawah ini akan diperkenalkan beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui :

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan Dan Sembelit

Manfaat kangkung untuk kesehatan yang pertama adalah membantu melancarkan pencernaan serta memberikan kelegaan dari berbagai gangguan pencernaan secara alami. Pasalnya, kangkung sangat kaya akan serat.

Kangkung memiliki sifat pencahar ringan yang berguna bagi kamu yang mengidap gangguan pencernaan dan sembelit. Minum jus kangkung juga dipercaya mampu dapat meredakan sembelit.

Kangkung juga nyatanya dimanfaatkan dalam pengobatan infestasi cacing usus, karena sayuran ini mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

  1. Mengobati Anemia

Karena kangkung kaya akan zat besi, sehingga ibu hamil bisa memanfaatkan sayuran ini. Daun kangkung yang mengandung zat besi tinggi dapat mencegah ibu hamil mengalami anemia. Sebab, ibu hamil sangat membutuhkan zat besi tambahan dalam makanan hariannya.

Zat besi adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh, khususnya oleh sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin. Namun, agar lebih aman, ibu hamil perlu mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter tentang jumlah aman konsumsi kangkung selama kehamilan.

  1. Bermanfaat Untuk Mata

Kandungan karotenoid, vitamin A, dan lutein yang cukup tinggi dalam kangkung sangat penting untuk kesehatan mata. Kangkung juga meningkatkan kadar glutathione yang berperan penting dalam pencegahan katarak.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kangkung merupakan jenis sayuran yang menjadi gudang nutrisi, apalagi dengan harganya yang cukup terjangkau. Kamu tentu bisa mendapatkannya dengan mudah. Kangkung juga menjadi cara murah dan alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh dibandingkan dengan suplemen vitamin C.

Mengonsumsi kangkung secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mendukung perkembangan tulang sehat. Nutrisi didalam sayuran berdaun hijau ini juga berkontribusi pada tubuh yang sehat dengan cara menetralkan dan menghilangkan racun.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat kangkung selanjutnya adalah dapat mencegah perkembangan kanker yang terjadi di sistem pencernaan. Sebab, sayuran berdaun hijau ini juga kaya akan senyawa antioksidan.

Senyawa antioksidan tersebut dapat membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga mengubah kondisi ketika sel kanker berkembang biak serta menguatkan lingkungan sel alami.

Kangkung dipercaya yang paling bermanfaat dalam pencegahan kanker kolorektal serta perut dan kanker kulit juga payudara.

  1. Perlindungan Terhadap Penyakit Jantung

Kangkung mengandung nutrisi penting tertentu seperti vitamin A, vitamin C, dan konsentrasi beta-karoten yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kolesterol teroksidasi.

Selain itu, kangkung juga mengandung folat yang dapat membantu mengubah bahan kimia berbahaya yang disebut homosistein, yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan serangan jantung maupun stroke.

Sementara magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.