Mengenal Pengertian Pendapatan Per Kapita Dan Fungsi Perhitungannya

Apa itu Pendapatan Per Kapita? Fungsi dan Kategori Negara

Pendapatan per kapita suatu negara merupakan komponen penting untuk mengetahui tingkat kemakmuran penduduk negara tersebut. Persatuan Bangsa – Bangsa (PBB) menetapkan pendapatan per kapita menjadi tolak ukur dalam melihat tingkat pendapatan penduduk suatu negara.

Fungsi tingkat penghasilan penduduk adalah untuk meninjau kualitas penduduk dari segi ekonomi. Penghasilan penduduk suatu negara berkaitan dengan jenis profesi atau mata pencahariannya. Untuk informasi selengkapnya, simak penjelasan berikut ini mengenai pengertian pendapatan per kapita dan fungsi perhitungannya.

  1. Pengertian Pendapatan Per Kapita
  • Menurut Investopedia

Dikutip dari Investopedia, pengertian pendapatan per kapita adalah ukuran jumlah uang yang didapatkan oleh per orang di suatu negara atau wilayah geografis.

Pendapatan per kapita biasanya digunakan untuk menentukan rata – rata penghasilan per orang di suatu wilayah serta untuk mengevaluasi standar hidup dan kualitas hidup masyarakat.

Cara menghitung pendapatan per kapita suatu negara adalah pendapatan nasional negara dibagi dengan jumlah penduduk.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional yang dibagi dengan jumlah penduduk negara tersebut.

Dalam pengertian lain, pendapatan per kapita merupakan besarnya pendapatan rata – rata semua penduduk yang ada di negara tersebut.

  • Menurut Gramedia.com

Dan sebagaimana dikutip dari Gramedia.com, pengertian pendapatan per kapita adalah hitungan pendapatan jumlah penduduk suatu negara, dimana pendapatan per kapita adalah hasil pendapatan nasional negara.

Pendapatan per kapita suatu negara bisa meningkat jika penghasilan rata – rata penduduknya naik atau tinggi.

Jadi, pendapatan per kapita merupakan salah satu cara untuk membangun perekonomian negara. Selain itu, penghitungan pendapatan per kapita juga digunakan sebagai ukuran untuk melihat keadaan kesejahteraan masyarakat di suatu negara.

  1. Fungsi Perhitungan Pendapatan Per Kapita

Penghitungan pendapatan per kapita dilakukan setahun sekali dengan memiliki beberapa fungsi seperti diantaranya :

  • Untuk Mengetahui Perkembangan Suatu Negara

Penghitungan pendapatan per kapita berguna untuk mengetahui rata – rata pendapatan masyarakat di suatu negara. Karena itu, pendapatan per kapita berfungsi untuk mengetahui perkembangan suatu negara. Apakah di suatu negara pada tahun ke tahun terjadi pembangunan atau justru tidak ada pembangunan.

  • Sebagai Acuan Untuk Mengambil Kebijakan Di Masa Yang Akan Datang

Pendapatan per kapita yang meningkat bisa dijadikan acuan oleh suatu negara apakah pendapatan per kapita tahun berikutnya dan seterusnya akan naik. Karena itu, pemerintah bisa mengambil suatu kebijakan di masa sekarang hingga masa yang akan datang.

  • Untuk Meninjau Kualitas Ekonomi Negara

Fungsi penghitungan pendapatan per kapita selanjutnya adalah untuk meninjau kualitas ekonomi penduduk di suatu negara dalam waktu tertentu. Sebab, data pendapatan per kapita digunakan sebagai analisis dalam mengevaluasi negara. Dengan demikian, negara dapat melihat kekurangannya dimana dan langkah apa yang akan diambil untuk kedepannya.

  • Untuk Menilai Kelancaran Pelaksanaan Ekonomi Negara

Dengan perhitungan pendapatan per kapita, maka suatu negara bisa menilai apakah aktivitas ekonomi berjalan lancar atau tidak. Negara bisa menilai hal tersebut berdasarkan data perhitungan pendapatan per kapita.

Dengan data penghitungan pendapatan per kapita, maka dapat dilihat kondisi perekonomian suatu negara. Terdapat beberapa kelompok negara berdasarkan perhitungan pendapatan per kapita yaitu :

  • Negara berpendapatan tinggi (lebih dari 8355 dollar AS)
  • Negara berpendapatan menengah ke atas (4046 dollar AS – 8335 dollar AS)
  • Negara berpendapatan menengah ke bawah (675 dollar AS – 4046 dollar AS)
  • Negara berpendapatan rendah (kurang dari 675 dollar AS)

Itulah penjelasan tentang pengertian pendapatan per kapita dan fungsi perhitungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *