Tips Yang Perlu Diketahui Sebelum Anda Membeli Ban Offroad

Jual Bridgestone Dueler D-697 (a/t) Owt 225/65 R17 Toko Ban Surabaya  Terbaru Desember 2021 harga murah - kualitas terjamin - Blibli
source gambar : blibli.com

Saat memutuskan untuk menekuni kegiatan offroad pasti anda juga sudah menyadari segala konsekuensi dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Salah satu keharusan dari memiliki mobil offroad adalah anda harus menyiapkan biaya tambahan untuk perawatan mobil tersebut. Itu karena offroad merupakan kegiatan yang ekstrem sehingga maintenance sangat penting guna mengurangi resiko kecelakaan.

Biasanya hal yang paling sering diganti atau dirawat pada mobil offroad adalah urusan bannya. Karena saat offroad jalanan atau medan yang dilalui bukanlah medan biasa tentunya mobil pun harus rutin mengalami pengecekan terutama setiap habis melakukan offroad. Tidak jarang biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki ban offroad ini tidaklah sedikit.

Tidak jarang bahkan orang yang memiliki mobil offroad pun tergiur untuk membeli ban bekas untuk dijadikan pengganti. Karena biasanya ban bekas dijual dengan harga yang lebih terjangkau, berbeda dengan ban offroad baru yang dijual cukup mahal. Namun, tentunya perlu diingat lagi bahwa saat anda membeli ban bekas belum tentu ban tersebut dalam keadaan yang masih layak.

Saat membeli ban bekas tentunya kita harus berhati – hati karena kita tidak pernah mengetahui riwayat penggunaan ban tersebut sebelumnya. Bisa saja fisik luar ban tersebut tampak baik tetapi dalamnya sudah pernah diperbaiki atau lainnya. Jadi sebaiknya anda berfikir ulang jika ingin membeli ban bekas untuk kebutuhan mobil offroad anda, karena ban dalam mobil offroad menjadi salah satu komponen yang penting.

Agar anda tidak keliru dalam menentukan jenis ban mana yang aman dan cocok untuk mobil offroad anda, berikut terdapat tips memilih ban offroad yang cocok sebelum anda akan membelinya.

  1. Periksa kapan ban di produksi

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membeli ban adalah usia ban tersebut. Biasanya anda bisa menghitung usia ban dari tanggal produksi yang tertera pada bagian luar ban. Kisaran umur ban yang masih aman untuk digunakan adalah ban dengan usia 4 tahun, jika lebih dari itu maka dikhawatirkan ban sudah mulai bermasalah.

  1. Periksa rambut atau gerigi pada ban

Hal selanjutnya yang harus diperiksa saat membeli ban adalah rambut atau gerigi pada permukaan ban. Jika bagian rambut pada ban sudah mulai menipis bahkan hilan maka bsia dipastikan bahawa ban sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama sebelumnya.

  1. Periksa apakah permukaan ban masih rata

Hal selanjutnya yang juga harus diperiksa saat membeli ban adalah permukaan ban yang masih rata. Pastikan ban yang akan anda beli tidak memiliki benjolan atau gelembung karena kalau iya itu tandanya ban tersebut sudah mengalami keausan dan permukaanya sudah menipis dan mulai rusak.

  1. Periksa bagian bibir dalam ban

Hal selanjutnya yang harus diperiksa saat membeli ban adalah bagian bibir dalam ban. Jika ditemukan retakan atau sobekan pada bagian dalam ban itu tandanya ban sudah mulai rusak dan ban seperti itu tidak memungkinkan untuk dijadikan ban tubeless. Hanya saja ban tersebut masih diperbolehkan digunakan dengan menggunakan tambahan ban dalam.

  1. Perhatikan bagian dinding dalam ban

Terakhir sebelum anda akan membeli ban pastikan bagian dalamnya masih sangat kuat dan belum pernah memiliki tambalan satupun. Dengan begitu tandanya belt atau sabuk pada ban masih tersambung secara utuh dan belum pernah terputus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *