Resep Donat Yang Empuk dan Kekinian

pinterest
source gambar : pinterest.com/pin o y

Cara membuat donat sebenarnya sangat mudah dan sulit. Ini sangat sederhana, karena resep dasar donat pada dasarnya sama. Dikatakan sulit karena ketika dibentuk biasanya tidak bulat sempurna. Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan dalam mencampur bahan dasar yaitu terlalu banyak air.

Adonan yang lembut akan sulit dibentuk nantinya. Oleh karena itu, penambahan air es ke dalam adonan harus dilakukan sedikit demi sedikit. Hal ini untuk mencegah kekenyalan adonan berubah karena kelembapan yang berlebihan. Selain dianggap sebagai camilan yang mengenyangkan, cara membuat donat sederhana dengan bahan yang sederhana juga membuat kue ini sangat digemari.

Apalagi donat ini sudah tidak asing lagi bagi kita, dan mudah ditemukan di warung-warung kecil. Donat negara yang sudah ada sejak zaman dahulu membuktikan hal tersebut.

Pada saat ini donat menjadi salah satu makanan yang banyak sekali mendapatkan modifikasi baik itu dari segi rasa atau dari bentuknya, namun kebanyakan sekarang penampillan dari donat itu sangat menarik banyak perhatian dari kalangan yang menyukai donat maupun tidak. Berikut resep untuk membuat donat yang empuk dan kekinian

Cara Membuat Donat yang Empuk dan Enak

resep donat

Ada resep donat empuk. Kita bisa menggunakan kentang selain dari pemilihan terigu berkualitas dan takaran mentega yang tepat. Kentang membuat adonan donat jadi empuk dan lembut. Tapi ingat, kentang yang digunakan jangan direbus.

Selain itu, membuat donat empuk juga bisa menggunakan adonan terigu khusus yang dicampur dengan adonan donat. Untuk prakteknya bisa menggunakan resep yang disukai.

Cara membuat:

  1. Cara pertama dengan menyiapkan kentang ukuran sedang, kukus lalu lumatkan dengan garpu.
  2. Cara kedua dengan menyiapkan 5 sdm tepung terigu yang dicampur 125 air hangat.
  3. Pilih satu cara di atas, lalu campurkan adonannya dengan adonan resep donat dasar yang dipakai dan telah diaduk hingga kalis. (tepung terigu, mentega, telur, ragi instan, garam, gula halus, air).
  4. Adonan ditutup dulu selama 1 jam dengan kain hingga mengembang.
  5. Goreng dengan api sedang. Angkat dan tiriskan setelah matang.
  6. Beri topping sesuai selera.

Ada beberapa variasi juga dalam mebuat donat yaitu dengan menggunakan bahan baku ubi, bagaimana cara membuatnya? Mari kita simak

Donat Ubi

Donat dengan campuran ubi kukus ini tidak selembut kentang. Tapi tetap rasanya enak dan teksturnya empuk. Berikut ini adalah resep donat ubi yang bisa dipraktekkan di rumah.

Bahan:

  • Siapkan 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur, pisahkan kuningnya
  • Garam secukupnya
  • 2 buah ubi kuning ukuran sedang yang dikukus dan dihaluskan
  • 50 gram gula pasir untuk perasa
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt baking powder
  • Mentega 2 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  • Campurkan dan aduk semua bahan kecuali minyak goreng. Bahan-bahan yang diaduk seperti tepung terigu, garam, baking powder, ragi instan, gula pasir dan mentega.
  • Tambahkan kuning telur dan ubi kuning kukus yang telah dihaluskan.
  • Aduk rata semua bahan dan uleni sampai kalis. Diamkan adonan dalam wadah dan tutup dengan lap lembab sekitar 30 menit hingga adonan mengembang.
  • Kempiskan adonan jika sudah mengembang lalu pipihkan. Cetak adonan dengan cetakan donat.
  • Panaskan minyak, lalu goreng adonan yang telah dicetak hingga berwarna agak kecoklatan.
  • Angkat donat, dan tiriskan. Setelah donat dingin, beri toping sesuai dengan selera.

Di atas adalah resep yang bisa membuat donnat kalian menjadi empuk dan enak, kalian juga bisa bervariasi lagi dengan menggunakan resep diatas yaah. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *