Berbagai Aktivitas Yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi Anak

Dampak Tiger Parenting

Konsentrasi dibutuhkan untuk membuat anak tetap fokus pada sesuatu. Anak yang susah sekali berkonsentrasi maka akan membuat anak susah mempelajari sesuatu hal yang baru. Nah jika anak anda sedang mengalami yang namanya susah untuk konsentrasi maka anda bisa mulai ajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan konsentrasi. Konsentrasi dibutuhkan hingga anak anda masuk sekolah. Bahkan jika anak anda sudah bisa berkonsentrasi, anak anda akan mudah mehami pelajaran yang diterangkan oleh gurunya. Ini juga bisa mnejadi latihan bagi anda yang punya anak super aktif. Anak yang super aktif biasanya akan susah sekali untuk konsentrasi. Berikut berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan di rumah untuk meningkatkan konsentrasi anak seperti dilansir oleh OKEMOM.

  1. Bermain Game Yang Berhubungan Dengan Mengingat

Salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan tingkat konsentrasi anak adalah dengan game yang berhubungan dengan mengingat. Anda bisa memainkan game seperti bermain puzzle dan juga bermain game seperti tebak-tebakan. Bermain puzzle dapat meningkatkan daya ingat karena anak akan mengingat mana nanti pola yang benarnya. Kemudian bermain tebak-tebakan seperti tebak-tebakan suara hewan atau juga tebak-tebakan lagu. Jadi misalnya anda hanya berdeham mengikuti nada lagu tersebut. Nah nanti anak anda akan menebak lagu apa itu.

  1. Permainan Menjadi Patung

Apalagi permainan yang bisa meningkatkan konsentrasi anak. Salah satu game atau permainan yang bisa meningkatkan konsentrasi adalah menjadi patung. Game ini akan membuat anak anda berkonsentrasi untuk tetap tidak bergerak meskipun ada gangguan dari anda atau anggota keluarga lainnya. Nah anda bisa memainkan sebuah lagu di handphone kemudian anda dan anak anda bergoyang setelah itu ada anggota keluarga lain yang berfungsi mematikan lagu. Jika lagunya berhenti, anda dan anak anda jadi patung. Tentukan berapa waktu lamanya menjadi patung. Permainan ini bisa saja membuat peningkatan mood anak juga dan tidak akan membuat anak bosan.

  1. Bermain Game Yang Berhubungan Dengan Mengurutkan

Game lainnya yang bisa mnegasah konsentrasi anak anda adalah dengan menurutkan suatu benda atau mainan anak anda. dengan mengurutkan benda seperti sesuai warna atau sesuai katagori akan membuat anak anda menjadi konsentrasi. Jadi misalnya anak anda ada mainan yang sama namun beda warna. Nah minta anak untuk urutkan sesuai warna dan susun. Anda juga bisa bermain urutkan hewan dari yang terkecil dahulu. Kemudian urutkan buah-buahan dari yang manis hingga yang asam. Dengan melakukan game ini anak anda akan belajar bagaiman untuk konsentrasi mencari hal yang berkaitan. Anda bisa ajak juga anak mengurutkan angka atau huruf. Anak juga akan belajar.

  1. Mencari Benda

Game yang bisa membuat konsentrasi anak anda menjadi lebih fokus adalah dengan mencari benda. Cara permainan  ini mudah sekali tentunya. Misalnya anda menyembunyikan benda ke beberapa tempat di rumah. kemudian anda memberikan clue untuk ciri-ciri tempat setiap benda yang disembunyikan. Anak akan berpikir keras dan fokus pada clue yang anda berikan. Anak juga akan berpikir karakteristik apa yang cocok untuk tempat yang cocok seperti clue yang disebutkan. Tetapi anda pastikan jangan menyimpan benda di tempat yang berbahaya. pastikan simpan benda di tempa-tempat yang dapat dijangkau anak. Anda juga sebaiknya tetap mengawasi agar anak tidak menyentuh benda yang tidak seharusnya disentuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *