Mau Liburan Murah ke Bandung? Lo Perlu Cek ini

Bandung selalu menarik wisatawan lokal hingga mancanegara dengan wisata kuliner, wisata alam dan wisata belanja. Tempat wisata di Bandung sangat beragam, sehingga wisatawan tidak akan kekurangan ide untuk berkunjung ke suatu tempat.

Inilah kenapa kota ini menjadi salah satu tujuan wisata terbaik dan Liburan Murah di Jawa Barat. Letaknya yang cukup dekat dengan Jakarta menjadikannya sebagai tujuan wisata favorit ibu kota. Hal tersebut juga difasilitasi dengan adanya tol Cipularang yang mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi sekitar 2-3 jam.

Peternakan Sukawana

Tempat wisata alam di Bandung sangat beragam, dari tempat keramaian hingga tempat yang masih sepi pengunjung. Nah, buat lo yang ingin menghabiskan waktu di perkebunan teh di Lembang, perkebunan teh Sukawana bisa jadi alternatif. Tempat ini cukup tersembunyi sehingga jarang datang kesini.

Sebenarnya tempatnya lumayan bagus lho. Kebun tehnya bersih dan hijau. Tidak terlalu berisik. Tempatnya juga tidak jauh dari Curug Cimahi atau Dusun bambu.

Air Terjun Cinulang Cicalengka

Air Terjun Cinulang terletak di perbatasan antara kabupaten Bandung dan Sumedang. Akan tetapi tempat ini lebih mudah dijangkau dari Bandung lebih tepatnya dari Cicalengka.

Lokasinya dipinggir jalan dan lumayan asyik buat liburan. Bagi lo yang berada di Bandung timur bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun Cinulang ini.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia. Berada di Kabupaten Lembang, sekitar 20 kilometer arah utara Kota Bandung, gunung yang bentuknya mirip perahu terbalik ini selalu dipadati pengunjung di akhir pekan dan hari libur.

Tangkuban Perahu memiliki 2 kawah yang terkenal, yang terbesar bernama Kawah Ratu yang berada di puncak lokasi wisata ini. Kawah kedua yang terletak sekitar 1.2 km dibawahnya disebut Kawah Domas, di kawah ini lo dapat merebus telur hingga matang dengan air belerang yang mendidih di salah satu mata airnya. Baca ulasan kawah Domas kami di tautan di atas.

Amankah Menggunakan Car Sharing Selama Pandemi?

Takut menyewa kendaraan saat sedang pandemic? Kendaraan sewa menjadi salah satu tempat penyebaran virus yang cukup krusial. Dimana kendaraan sewa sendiri digunakan oleh banyak orang secara bergantian. Kemungkinan besar virus masih menempel dalam kendaraan sewa sendiri tinggi. Hal ini menyebabkan beberapa orang malas menggunakan kendaraan sewa selama wabah ini ada dan menjangkit masyarakat.

Sebenarnya menggunakan layanan car sharing selama pandemic sendiri bukan larangan dan bisa digunakan. Kamu bisa menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan selama menggunakan car sharing untuk memberikan kenyamanan penggunaan kendaraan. Dengan menerapkan ini, maka kamu akan meminimalisir kemungkinan untuk terjangkit virus tersebut. Ada baiknya untuk membawa hand sanitizer, tisu kering, tisu basah dan disinfectant spray selama melakukan perjalanan.

Berikut ini beberapa kegiatan penerapan protocol kesehatan selama menggunakan car sharing dalam meminimalisir penyebaran bakteri :

  1. Menyemprotkan disinfectant spray ke penjuru mobil sebelum digunakan

Kegiatan ini penting dilakukan dalam menggunakan car sharing. Dimana kegiatan ini mampu meminimalisir penyebaran virus dan keberadaan virus dalam mobil. Jadi, pastikan kamu melakukan ini sebelum menggunakan kendaraan car sharing yang kamu pilih tersebut.

  1. Pastikan mobil dalam keadaan bersih

Saat menggunakan car sharing, ada baiknya kamu memperhatikan kondisi kebersihan kendaraan. Ada baiknya menanyakannya sebelum meminjam kendaraan. Dengan begitu kamu akan merasa aman dan nyaman berkendara dengan kendaraan yang bersih dan nyaman.

  1. Selalu menggunakan hand sanitizer akan menyetir atau setelah menyetir

Pastikan untuk menggunakan cairan pembersih saat setelah atau sebelum memegang setir. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus dari tangan ke setir ataupun sebaliknya. Sehingga kamu bisa aman dan nyaman berkendara menggunakan layanan car sharing ini.

  1. Menggunakan masker selama berkendara

Kebutuhan akan masker selama pandemic memang penting. Terlebih jika bepergian keluar ruangan. Pastikan selalu menggunakan masker saat berkendara menggunakan car sharing karena kita tidak tahu virus dalam kendaraan masih terselip atau tidak. Terlebih jika kalian menggunakan car sharing beserta supir. Tentunya menggunakan masker sangat penting.

  1. Meminimalisir percakapan yang berlangsung

Saat menggunakan car sharing dengan stranger ataupun sopir kendaraan dari rental, ada baiknya untuk meminimalisir percakapan. Meskipun sudah menggunakan masker, namun kita tidak tahu droplet bisa menyebar sampai mana. Jadi ada baiknya meminimalisir percakapan yang berlangsung.