Renan da Silva Betah di Indonesia

RENAN DA SILVA

Gelandang bhayangkara FC, yaitu Renan da Silva mengaku betah tinggal di Indonesia. Pemain kelahiran asal Brasil ini yang sudah berkarier di sepakbola nasional Indonesia sejak tahun 2018 awalnya bergabung dengan klub macan kemayoran yaitu Persija Jakarta ini ternyata mencintai negara Indonesia. Renan pun bertekad akan mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola di Indonesia. 

Renan pun ingin mengikuti jejak kedua pendahulunya asal Brasil, yaitu Jacksen F.Tiago dan Stefano Cugurra. Kedua pelatih ini memang sudah lama sekali berkarier di Indonesia. Jacksen F.Tiago, sebelum menjadi pelatih Persipura Jayapura, dia juga lama berkarier di Indonesia sebagai pemain, salah satuh klubnya adalah Persebaya Surabaya. Sama dengan Stefano Cugurra, pelatih Bali United ini juga mengakhiri karier sepak bolannya di Indonesia, sebelum memutuskan menjadi pelatih. Bahkan Teco sendiri mendapatkan dua gelar beruntut di Liga 1 2018 dan Liga 1 2019. 

Semusim berselang, Renan da Silva hijrah ke Borneo FC dan bertahan selama semusim. Di Borneo sendiri dia memang tidak mendapatkan juara. Namun, penggawa asing asal Brasil ini sukses menjadi pemain terbaik di Liga 1 2019. Kini dia sekarang membela Bhayangkara FC dan telah mengemas dua gol dalam tiga pertandingan awal. “Saya berharap dapat membuat lebih banyak sejarah di Indonesia. Ini negara yang sangat saya cintai. Saya harap, saya bisa tinggal disini selama bertahun-tahun” ujar Renan da Silva dalam laman resmi Bhayangkara FC.

Selain di Indonesia, Renan juga telah banyak mengoleksi gelar. Pada tahun 2011, pemain asal Brasil itu juara Cup Washington Rodrigues (A.C Olaria) lalu menjuarai Rumania Cup dengan skor sepakbola yang mencengangkan pada tahun 2013 (Petrolul Ploiesti), juara Divisi 1 Uni Emirat Arab (Dibba Al Fujairah) pada tahun 2015, juara FA Cup Thailand 2016 (Chainat Hornbill) dan juara Cup Extra Championship Carioca 2017 (Nova Iguacu FC).

“Ya ini pencapaian yang membuat saya senang dan tersenyum. Tapi ini bukan keberuntungan, justru ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi saya, ditambah berkat Tuhan kemanapun saya pergi” ujar Renan da Silva.