Inilah Beberapa Kuliner Khas Tokyo Yang Wajib Kamu Coba

Suka Makanan Jepang? Berikut 5 Ikan yang Populer Dijadikan Sushi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Tokyo merupakan salah satu kota terbesar sekailgus ibu kotanya Negara Jepang. Tentu saja perekoniman di kota Tokyo sangatlah berkembang pesat. Tak hanya itu saja, kota Tokyo juga memiliki destinasi wisata yang begitu tertata dengan baik. Bahkan, destinasi wisata kuliner di kota Tokyo pun tidak kalah menariknya lho. Nah, bagi kamu yang hendak berlibur ke kota Tokyo, berikut di bawah ini ada beberapa resep masakan khasnya yang wajib dicoba.

  1. Sushi

Kuilner khas Tokyo pertama yang wajib kamu coba, yakni berupa sushi. Ya, mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Pasalnya, sushi ini memang merupakan salah satu kuliner Jepang yang paling populer di dunia termasuk di Indonesia. Hal itu pun terbukti, dimana sudah tidak terhitung lagi berapa banyak kedai-kedai sushi yang bertebaran di Indonesia.

Akan tetapi, sushi yang ada di Jepang itu memiliki cita rasa yang berbeda dengan sushi yang ada di restoran Indonesia lho. Tak hanya berbeda dari rasanya saja, perbedaan lain sushi asli Jepang juga bisa dilihat dari teknik pembuatan, cara memakan, dan kesegaran ikannya. Menurut informasi yang di dapat, sushi yang paling murah di Tokyo itu dibanderol sekitar 100 Yen atau setara dengan Rp 12 ribuan.

  1. Takoyaki

Pada dasarnya, takoyaki ini merupakan kuliner yang berasal dari daerah Osaka, Jepang. Namun, saat ini ada banyak sekali penjual takoyaki yang bertebaran di kota Tokyo. Jika dilihat dari bentuknya, takoyaki ini mengingatkan kita pada kuliner khas Jawa Barat yakni cilok. Pasalnya, takoyaki memiliki bentuk bulat yang mirip dengan cilok.

Bahan dasar takoyaki itu sendiri terbuat dari tepung terigu dan telur, dimana bagian dalamnya akan di isi oleh irisan tako (daging gurita). Seiring dengan berjalannya waktu, kini isian takoyaki sudah banyak varian, mulai dari ikan, ayam, sapi, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, biasanya takoyaki akan disajikan dengan mayoainase dan kuah hitam yang mirip kecap.

  1. Onigiri

Ingin makan kuliner Jepang yang murah tapi enak? Jika iya, maka kamu wajib mencoba onigiri ini. Onigiri adalah sebuah kuliner yang berupa nasi kepal berbalut nori (kertas rumput laut), yang memang banyak ditemui di kawasan Tokyo. Adapun mengenai onigiri dengan varian rasa berbeda, mulai dari ayam, ikan tuna, salmon, dan lain sebagainya. Biasanya, orang-orang Jepang sering menjadikan onigiri ini sebagai sarapan atau untuk makan siang.

  1. Okonomiyaki

Dari segi rasanya, okonomiyaki ini memang sangat  mirip dengan takoyaki. Namun, perbedaannya terdapat pada bahan isian. Pada umumnya, okonomiyaki memiliki bentuk seperti martabak atau telur dadar isi (omelette). Bukan hanya itu, okonomiyaki juga akan diberi berbagai topping seperti ikan kering serut, daun bawang, sayuran, dan bumbu.

  1. Nasi Kare

Makanan khas Tokyo berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni berupa nasi kare. Sama halnya seperti nasi kari yang ada di Indonesia, diaman nasi kare ini berupa nasi putih yang disajikan dengan kuah kare yang diberi potongan wortel dan kentang. Bukan hanya itu, nasi kare juga akan diberi beragam lauk dan chicken katsu. Nasi kare ini merupakan makanan sehari-hari masyarakat Jepang, sehingga kamu akan mudah menjumpai para pedagangnya di kota Tokyo.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Tokyo yang tentu saja wajib kamu coba.