Penyebab Keputhan Berwarna Hijau 

 

Keputihan yang berwarna hijau adalah salah satu gejala yang penyakit menular seksual yang bisa disebut dengan trikomoniasis. keputihan sendiri merupakana kondisi medis yang normal yang tidak berbau tajam berwarna jenrih dan tidak menyebabkan nyeri tetapi keputihan berwarna hijau atau trikomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasite trichomonas vaginalis atau penyakit yang menyerang vagina dan saluran kemih. 

Gejala trikomoniasis adalah keputihan yang disetai bercak kehijauan atau kekuningan dan disertai dengan gejala lain seperti berbau amis yang sangat menyengat dari vagina, iritasi, nyeri dan gatal pada organ kewanitaan, keputihan berwarna hijau yang banyak sedikit atau berbusa dan nyeri saat buang air kecil serta merasakan nyeri saat berhubunagn seksual . gejala ini biasanya baru akan muncul pada hari ke 5 hingga ke 28 setelah terinfeksi trikomoniasis memang menderita trikomoniasis ini tidak menyadari dirinya telah terinfeksi parasite ini sehingga tidak melakukan pengobatan apapaun dan walaupun tanpa gejala penderita tersebut dapat menyebarkan infeksi kepada pasanagn seksualnya . 

Pada penelitian memang menemukan hanya 30 persen dari total kasus trikomoasis hanya akan merasakan suatu gejala . maka dari itu jika anda mulai menyadari bahwa dalam keputihan sudah ada bercak keputihan berwarna hijau maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dini biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan panggul atau pemeriksaan sampel caian vagina untuk mendeteksi parasite yang ada . 

Dalam keadaan ini ditangani dejgan konsumsi antibiotik yang hanya diresepkan dokter selain itu jika penderita tidka berhati hati maka akan menularkan pasangan seksualnya terkena juga dan harus menjalani pengobatan trimoniasis juga . dilansir dari alodokter ada beberapa langkag pencegahan pada triakomniasis atau keputihan kehijuan ini , yaitu Tidak berbagi sex toy dengan orang lain, Melakukan seks yang aman misalkan dengan menggunakan kondom dan tidak bergonta ganti pasangan pada saat seks.

Menghindari penggunaan pembersih vagina karena bresiko mematikan bakteri baik yang dapat melindungi organ kewanitaan dari kuman penyebab keputihan , Memeriksakan kondisi kesehatan untuk berhati hati mendeteksi dini penyakit menular seksual melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin dan pengobatan yang tepat dapat mengobati penyakit dan mengurangi resiko penularan kepada orang lain dan berpeluang sembuh tinggi karena sudah dicegah dari awal . Mengurangi penggunaan pembalut , tisu atau sabun yang beraroma kuat untuk merawat kebersihan dan kelembapan vagina kita.

Membasuh kemaluan dari depan ke belakang setelah buang air kecil juga salah satu cara mencegah penyebaran  bakteri dari anus ke vagina, Mengenakan celana dalam dari bahan katun atau dari bahan yang dpaat mengurangi kelembapan dan mencegah tumbuhnya bakteri , Tidak memiliki lebih dari satu pasangan seksual artinya tidak bergonta ganti pasangan tidur . Sayangnya fakta triakomoniasis adalah meskipun dapat disembuhkan namun penderita trikomoniasis ini akan dapat terinfeksi kembali jika memang berbuhungan seksial dengan orang yang sudah terinfekis trakomoniasis .

Cara untuk pencegahan triakomoniasis terhadap pasangan seksual kita adaah hanya dengan  berhenti berhubungan seksual sementara waktu hingga penderita triakomoniasis mengalami smebuh dan keputihannya sudah kembali normal . alternative lain adalah menggunakan kondom untuk berhubungan seksual untuk menurunkan resiko tertular dan segera konsultasikan keadaan dan keluhan anda ke dokter spesialis agar mendapat pengobatan yang tepat . Jika terlambat diperiksakan maka akan semakin parah

Sumbergambar : popmama.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *