RAMUAN HERBAL UNTUK MENGHILANGKAN NYERI HAID

Sebagian perempuan pasti sudah tidak asing lagi dengan dismenore atau nyeri haid yang datang setiap bulan. Entah itu rasa nyeri di bagian perut bawah, pegal-pegal dan lelah, serta rasa nyeri di area panggul. Ada beberapa ramuan herbal yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk mengatasi rasa nyeri tersebut. Berikut ini beberapa ramuan herbal tersebut :

Teh Chamomile

Minum teh hangat, tentunya sangat nyaman bagi perut Anda yang sedang nyeri. Apalagi teh Chamomile yang memang memiliki manfaat untuk nyeri haid. Sebuah tinjauan studi tahun 2012 melaporkan, teh chamomile meningkatkan kadar glisin, yang membantu meringankan kejang otot. Kadar itu juga bertindak sebagai pereda saraf.

Jadi, cobalah minum dua cangkir teh per hari selama seminggu sebelum menstruasi. Anda juga akan mendapat manfaat lebih jika Anda meminumnya setiap bulan.

Biji Adas

Biji adas rupanya menyimpan banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah meringankan gejala dismenore. Hal tersebut diketahui dari sebuah studi tahun 2012 yang mengamati anak perempuan berusia 15 hingga 24 tahun untuk menggunakan ekstrak biji adas demi mengatasi nyeri haid.

Anda bisa mulai mengonsumsi 30 mg ekstrak adas empat kali sehari selama tiga hari ketika menstruasi.

Jahe

Kita sudah tahu bahwa khasiat kesehatan jahe sangat mujarab dalam mengatasi masalah kesehatan. Pun demikian untuk mengatasi nyeri haid. Berdasarkan studi terhadap mahasiswa, 250 mg bubuk jahe yang dikonsumsi empat kali sehari selama tiga hari membantu menghilangkan rasa sakit.

Juga disimpulkan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen. Jadi, cobalah memarut sepotong kecil jahe dan masukkan dalam air panas untuk minuman hangat yang menghilangkan kram.

Kayu Manis

Selain jahe, bumbu dapur lain yang bermanfaat bagi nyeri haid adalah kayu manis. Pada 2015, wanita yang menggunakan kapsul kayu manis dalam sebuah penelitian melaporkan lebih sedikit pendarahan, rasa sakit, mual, dan muntah dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Caranya, gunakan 840 mg kapsul kayu manis tiga kali sehari selama tiga hari pertama haid Anda. Atau mencampur kayu manis pada teh Anda atau dijadikan minuman hangat.

Bagi kamu yang tidak menyukai ramuan herbal dapat menggunakan produk pad pereda nyeri yang memberi sensasi hangat ifreeindonesia.com Pad pereda nyeri ifree ini sangat praktis dan cepat meredakan nyeri haid dan segera aktif beraktifitas.