3 Manfaat Pembiayaan Piutang dan Anjak Piutang

Hasil gambar untuk 3 Manfaat Pembiayaan Piutang dan Anjak Piutang


Pergerakan arus kas yang lambat sering menjadi masalah yang menghambat bisnis Anda guna berkembang lebih pesat. Arus kas di sini, salah satunya mencantol masalah piutang (pemberian pinjaman untuk orang beda atau perusahaan). Proses penagihan piutang yang lumayan panjang mengakibatkan tersendatnya kelancaran neraca finansial perusahaan.

Jika terus berlarut, urusan ini dapat menimbulkan persoalan serius untuk bisnis Anda. Tidak barangkali kan, kita menjalankan sekian banyak  kegiatan operasional perusahaan tanpa mempunyai ketersediaan kas yang memadai. Maka dari itu, urgen untuk mengatasinya dengan baik semenjak awal supaya terhindar dari akibat atau risiko yang bakal muncul.

Dalam persoalan ini, pengusaha seringkali akan menempuh teknik pembiayaan piutang atau dengan memakai anjak piutang. Cara itu dianggap pilihan pembiayaan jangka pendek atau penyelesaian cepat guna mendapatkan dana segar yang dapat menciptakan arus kas pulang stabil.

Sebelum menyimpulkan untuk memilih salah satu salah satu solusi tersebut, penting untuk Anda untuk mengetahui perbedaan antara pembiayaan piutang dan anjak piutang.

Pembiayaan Piutang

Pembiayaan piutang atau yang dikenal dengan invoice financing/invoice discounting adalahsebuah perbuatan peminjaman sebanyak dana terhadap sebanyak piutang perusahaan yang sedang berlangsung di suatu perusahaan.

Skemanya, pemberi pinjaman (investor) bakal meminjamkan uangnya kepada kita sebagai peminjam (borrower) sekitar masa piutang masih berlangsung dan belum tertagihkan. Kemudian, saat konsumen (payor atau perusahaan yang mempunyai utang untuk Anda) telah menunaikan pinjaman Anda, maka Anda mesti membalikkan dana untuk investor.

Manfaat Pembiayaan Piutang

1. Pembiayaan piutang bisa memperlancar arus kas dalam masa-masa singkat.

2. Dapat mengatasi sekian banyak  masalah finansial yang mendesak guna bisnis Anda, terutama andai Anda tidak dapat lagi mengejar sumber pinjaman beda dalam kurun masa-masa cepat.

3. Kegiatan perusahaan bisa tetap berlangsung dengan baik dan normal, sampai waktunya piutang bisa dicairkan.

Sedangkan risiko pembiayaan piutang ialah mahal. Apalagi bila keuntungan Anda melulu bertumpu pada masa-masa pengembalian dana oleh payor. Ada ongkos flat processing fee, dan ongkos lainnya.

Anjak Piutang

Anjak piutang (invoice factoring) ialah tindakan pembiayaan dengan mengerjakan pembelian piutang perusahaan. Berdasarkan keterangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurut ketentuan yang berlaku, definisi anjak piutang ialah kegiatan pembiayaan dalam format pembelian atau pengalihan, serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek sebuah perusahaan dari transaksi perniagaan dalam maupun luar negeri.

Skemanya, empunya piutang (borrower) akan memasarkan piutang yang kita miliki untuk seorang empunya dana (investor). Selanjutnya pekerjaan penagihan piutang itu akan berpindahtangan ke pihak investor. Di dalam praktik anjak piutang, investor akan menunaikan sekian persen dari jumlah borongan piutang yang kita miliki dan mengerjakan penagihan atau pendataan seluruh piutang secara penuh.

Manfaat Anjak Piutang

1. Memperlancar kas perusahaan dengan cepat.

2. Mengurangi kegiatan Anda dalam menagih piutang untuk klien, karena semua pekerjaan ini akan dilaksanakan oleh investor.

3. Menjaga pekerjaan perusahaan tetap berlangsung dengan baik dan normal, meskipun piutang perusahaan masih belum tertagihkan.

Nah sementara kerugiannya anjak piutang lebih untuk imej perusahaan. Menjual piutang untuk investor, akan menciptakan orang lain membubuhkan cap buruk terhadap perusahaan kita yang sedang goyah, walaupun urusan tersebut belum pasti benar. Tapi namanya bisnis, urusan ini akan memprovokasi reputasi perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *