6 Alasan Kenapa Kita Harus Mendengarkan Musik

Musik merupakan medium yang sangat kuat. Bukan melulu dapat membuat Anda ikut bersenandung dan menggerakkan badan, tetapi pun berfungsi untuk kesehatan. Berikut merupakan beberapa alasan kita harus menyimak musik menggunakan soul st xx tiap hari:

  1. Meningkatkan mood

Berdasarkan penjelasan dari suatu studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam jurnalNature Neuroscience, lagu-lagu klasik dapat mendorong pelepasan dopamin, zat kimia dalam pikiran yang membuat seseorang bergembira.

Cobalah dengarkan lagu “Clair de Lune” oleh Claude Debussy, “New World Symphony—Movement 4” oleh Antonin Dvorak, dan “First Breath After Coma” oleh Alexander Keats. Musik mereka telah terbukti secara sains dapat menciptakan pendengarnya bergembira.

  • Menenangkan hati

Jalanan macet tentu membuat siapa pun stres dan mudah marah. Jika anda terjebak kemacetan, coba dengarkan musik mellow.

Berdasarkan penjelasan dari suatu studi yang dipublikasikan oleh jurnal Ergonomicstahun 2013, musik dengan irama kencang dan cepat dapat membuat orang bahagia, tetapi musik dengan irama tenang dan lambat dapat menciptakan orang lebih tenang dan meningkatkan kemampuan mengemudi, sesuatu yang sangat diperlukan saat berkendara di jalan yang padat dan penuh tantangan.

  • Musik meningkatkan kecerdasan verbal

Setelah mengekor pelajaran musik selama satu bulan (dalam ritme, nada, melodi dan suara), sebuah penelitian di York University menunjukkan bahwa 90% anak-anak antara usia 4 dan 6 memiliki peningkatan kecerdasan verbal yang signifikan. Peneliti Sylvain Moreno menyarankan bahwa pelatihan musik memiliki “efek transfer” yang meningkatkan kemampuan anak-anak guna mengetahui ucapan-ucapan dan mengaku artinya.

Penelitian lain mengejar bahwa wanita dewasa yang terlatih secara musik dan anak-anak yang terlatih secara musik dapat mengungguli mereka yang tidak memiliki pelatihan musik pada tes memori verbal.

Tidak peduli apakah anda seorang dewasa atau anak-anak, bila berkeinginan meningkatkan keterampilan verbal Anda, sebaiknya mengambil pelajaran musik!

  • Mengurangi rasa sakit

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychology memburu bahwa ketika pasien fibromyalgia menyimak musik yang mereka sukai selama 10 menit, detak jantungnya jadi lebih lambat dari 120 denyut per menit. Pasien juga mengatakan, rasa sakit yang dirasakan berkurang.

Sebaliknya, saat memperhatikan suara bising, rasa sakit meningkat. Mobilitas seluruh pasien juga membaik dengan menyimak musik.

  • Membantu anda lebih fokus

Besok, bila Anda perlu menyiapkan presentasi untuk kuliah atau kerja, kerjakan sambil menyimak musik klasik.

Penelitian tahun 2007 oleh Stanford University School of Medicine memburu bahwa musik dari Zaman Barok akhir dapat mengubah bagian tertentu di pikiran sehingga orang yang mendengarkannya bisa lebih fokus dalam bekerja.

  • Meningkatkan performa olahraga

Mendengarkan lagu Beyonce bisa jadi perintang waktu ketika harus menunggu pelatih datang. Namun, tahukah anda bahwa musik juga dapat membantu Anda menyelesaikan sesi latihan yang berat?

Penelitian terhadap 20 orang dewasa yang aktif latihan interval menunjukkan bahwa musik membuat sesi olahraga menjadi lebih bisa dinikmati dan meningkatkan vitalitas. Alhasil, olahraga yang berat sekalipun jadi terasa lebih ringan dengan adanya musik favorit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *