Ini Dia 3 Tips Ampuh Dalam Mendidik Si Mungil Agar Ia Menjadi Mandiri dan Tidak Manja

Ini, 5 Manfaat Camping Anak Mama

Pada dasarnya, setiap yang namanya anak itu pasti memiliki sifat manja yang ditujukan kepada kedua orang tuanya. Akan tetapi, sifat manja yang terlalu berlebihan itu bukanlah sesuatu hal yang bagus lho. Pasalnya, si mungil yang terlalu manja itu selalu memiliki ketergantungan yang tidak bisa lepas dari peran kedua orang tuanya. Mengingat akan hal tersebut, maka sudah seharusnya bagi kita sebagai orang tua untuk mendidiknya agar ia menjadi lebih mandiri dan tidak manja. Lantas, apa yang harus kita lakukan agar si mungil menjadi anak yang mandiri dan tidak manja? Seperti yang di lansir dari salah satu situs parenting terpopuler yang bernama popmama.com, setidaknya ada 3 tips ampuh dalam mendidik si mungil agar menjadi anak yang mandiri dan tidak manja :

  1. Harus Ada Ketegasan

Perlu anda ketahui, bahwa ketegasan itu tidak sama dengan kekerasan. Namun sayangnya, ternyata masih saja ada sebagian dari para orang tua yang menganggap bahwa kekerasan itu merupakan bentuk dari ketegasan. Padahal, antara ketegasan dengan kekerasan itu sangatlah berbeda jauh lho. Ya, dengan adanya ketegasan, maka si mungil pun akan tumbuh menjadi anak yang tidak manja serta menjadi anak yang patuh pada peraturan. Selain itu, ketegasan ini juga akan mendidiknya agar ia menjadi anak yang lebih mandiri lagi.

  1. Tanamkan Rasa Tanggung Jawab Kepadanya

Tips ampuh kedua dalam mendidik si mungil agar lebih mandiri dan tidak manja, yakni dengan menanamkan rasa tanggung jawab kepadanya. Kita ambil saja salah satu contohnya, seperti menyuruh si mungil untuk membereskan kembali mainannya setelah selesai dimainkan. Dengan begitu, maka si mungil pun akan paham dengan rasa tanggung jawabnya pada mainan-mainannya tersebut. Lambat laun, ia juga akan tumbuh menjadi anak yang disiplin, mandiri, dan tidak manja.

  1. Ajak si Mungil Untuk Beraktifitas

Seperti yang kita ketahui, bahwa seorang anak itu selalu mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Maka dari itu, kita harus mengajaknya pada aktifitas-aktifitas positif seperti beres-beres rumah, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan tempat tidur, dan sebagainya.

Itulah 3 tips ampuh dalam mendidik si mungil agar lebih mandiri dan tidak manja lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *