Ini Dia 4 Hal Yang Harus Dilakukan Bunda Selama Trisemester pertama Kehamilan

Hasil gambar untuk idntimes kehamilan

Momen yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri diseluruh dunia, yakni adalah menyambut kelahiran si jabang bayi. Ya, memang belum bisa dikatakan bahagia, apabila pasangan suami istri belum dikarunai seorang anak.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang wajib diktehahui oleh para ibu hamil selama trisemester pertama kehamilan. Pasalnya, hal itu juga demi keselamatan dan kelancaran saat proses persalinannya nanti. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini mengenai 4 hal yang harus dilakukan selama trisemester kehamilan :

  1. Mulai Konsumsi Asam Folat

Hal pertama yang harus dilakukan bunda selama trisemester pertama kehamilan, yakni mulai mengonsumsi asam folat. Mengapa harus asam folat? Berdasarkan dari hasil penelitian, asam folat ini bagus untuk perkembangan janin serta dapat meminimalisir kerusakan pada sel otak bayi. Adpun mengenai beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat seperti ikan salmon, ikan tuna, brokoli, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan sebagainya.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Hal kedua yang harus dilakukan bunda selama trisemester pertama kehamilan, yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bisa dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, olaharaga secara rutin, istirahat yang cukup, dan perbanyak minum air putih. Dengan kata lain hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minuman alkohol, bergadang, dan sebagainya.

  1. Mencari Penyedia Layanan Kesehatan Yang Tepat

Hal ketiga yang harus dilakukan bunda selama trisemester pertama kehamilan, yakni mencari penyedia layanan kesehatan yang tepat. Fasilitas kesehatan yang lengkap memiliki peranan penting selama kehamilan bunda. Disamping itu, bunda juga harus memastikan bahwa bidan atau dokter yang menanganinya itu sudah profesional. Dengan begitu, bunda akan terhindar dari kasus malpraktik.

  1. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa seorang ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat yakni salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan ibu hamil. Lantas, olahraga apa sajakah yang cocok untuk ibu hamil? Jenis olahraga tersebut diantaranya adalah berenang, senam hamil, yoga, jogging, jalan santai, dan sebagainya.

Itulah 4 hal yang harus dilakukan oleh bunda selama trisemester pertama kehamilan. Dengan melakukan keempat tips tersebut, maka peluang untuk bisa melahirkan secara normal dan lancar sangatlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *