Jenis-Jenis Genset dan Manfaatnya

genset adalah

Genset secara umum adalah pembangkit listrik, yaitu mesin yang digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik yang akan digunakan untuk berbagai hal. Akan tetapi, jenset sendiri memiliki berbagai jenis. Jenis tersebut sekalipun bisa digolongkan menjadi beberapa golongan tergantung bagaimana kita melihatnya.

Berdasarkan bahan bakarnya kita bisa menggolongkan genset menjadi jenis jenset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar hingga gas. Dari segi fisiknya bisa digolongkan menjadi genset portable dan genset non portable dan sebagainya. Dalam memilih genset anda tentu harus menyesuaikan jenis dengan kebutuhan.

Jenis Genset dan manfaatnya

Ada berbagai jenis genset. Jenis genset tersebut juga bisa digolongkan berdasarkan berbagai hal. Berikut ini jenis-jenis genset.

  1. Berdasarkan bahan bakar

Jenis genset bisa dibagi berdasarkan bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan mesin genset tersebut. Inilah jenis genset berdasarkan bahan bakar yang digunakannya.

  • Genset Gasoline atau bensin

Jenis pertama ini menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Manfaat menggunakan jenis genset ini adalah anda bisa dengan mudah menemukan bahan bakar untuk genset ini. Anda bisa membeli bensin di semua pom bensin yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu, anda tidak akan kesulitak ketika kendak mencari bahan bakar.

Selain itu, anda juga bisa membeli bahan bakar dengan harga yang relatif tidak terlalu mahal. Dengan begitu, anda bisa menghemat pengeluaran untuk bahan bakar genset ini.

  • Genset Solar atau diesel

Genset jenis ini menggunkan solar atau diesel sebagai bahan bakar. Sama seperti gensen bensin, jenis ini memberikan manfaat dimana anda akan bisa mendapatkan bahan bakar dengan mudah. Anda bisa mendapatkan solar di berbagai pom bensin yang menyediakan solar.

Selain itu, harga solar di Indonesia relatif lebih murah. Dengan beitu, anda bisa menghemat pengeluaran untuk bahan bakar genset anda. Genset ini menjadi salah satu favorit di Indonesia karena biaya perawatan dan bahan bakarnya yang relatif murah.

  1. Berdasarkan mobilitasnya

  • Genset portable

Genset portable adalah genset yang sangat mudah untuk dipindahkan. Umumnya, secara mesin genset ini masih sama saja dengan mesin genset pada umumnya. Akan tetapi, genset ini dilengkapi dengan roda dan tuas pendorong untuk menggerakkan gensetnya. Jadi, genset ini siap dipndahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Genset jenis ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menggunakan genset tersebut di berbagai tempat yang berbeda. Dengan genset portable, anda bisa membawa genset tersebut ke tempat yang anda inginkan. Anda bisa memindahkan genset ini sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Genset non-portable

Berbeda dengan genset portable yang bisa dipindahkan kemana yang anda mau dengan relatif mudah, genset jenis ini sulit dipindahkan. Umumnya genset jenis ini digunakan sebagi sarana gedung-gedung perkantoran atau gedung lainnya. Jadi, genset diletakkan secara permanen karena memang diperuntukkan untuk satu tempat saja.

Manfaat dari genset jenis ini adalah peruntukan gensetny lebih jelas. Selain itu, genset jenis ini cenderung untuk digunakan untuk satu hal saja. Dengan beitu, genset bisa lebih tahan lama karena umumnya ditempatkan di tempat khusu agar kualitasnya terjaga.

Begitulah jenis-jenis genset dan manfaatnya. merek atau produsen genset juga bisa menjadi pertimbangan jika anda hendak membeli genset. Genset Perkins dan Genset Cummins adalah dua produsen genset kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi kualitas produknya. Jika anda hendak membeli genset, hal-hal tersebut tersebut bisa menjadi pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *