3 Cara Mengolah Buah Mangga untuk Atasi 3 Masalah pada Wajah

Buah mangga dikenal sebagai buah yang ramah tempat tumbuh. Jadi, meski kita tidak mengurusnya, asalkan memasuki musim penghujan, bakal buah akan tetap bermunculan. Nah, buah yang disukai banyak orang ini ternyata bisa dijadikan cara melembabkan kulit wajah, lho. Berikut 3 cara mengolah mangga dan 3 masalah wajah yang dapat diatasinya.

  1. Mengatasi Kulit Terbakar

Matahari pagi memang sehat untuk kulit, tapi jika harus menjalani aktivitas dalam waktu lama di luar rumah saat matahari berada pada garis tegak lurus dengan bumi, kemungkinan kulit untuk terbakar dan terkena radiasi sinar UV menjadi semakin besar.

Untuk mengatasi kulit terbakar dengan buah mangga, ambil buahnya lalu potong-potong. Oleskan potongan buah mangga tersebut pada kulit wajah yang kering dan terasa panas. Anda bisa menambahkan madu, minyak zaitun, atau krim susu, kemudian diamkan 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan air bersih secara bergantian.

  1. Mengatasi Flek dan Noda Hitam

Permasalahan ini kerap menghampiri wanita energik yang sering menjalani aktivitas di luar rumah. Hal ini dikarenakan pemicunya yang berasal dari polusi asap rokok dan kendaraan bermotor. Kulit pun menjadi tampak kusam dan muncul flek akibat kekeringan.

Untuk mengatasi flek dan noda hitam dengan buah mangga, terlebih dahulu Anda harus cuci bersih buahnya, kemudian kupas kulitnya. Keringkan kulit mangga tersebut lalu tumbuk sampai bubuk. Anda bisa mengaplikasikannya ke wajah setelah dicampur yoghurt/madu.

  1. Mengatasi Jerawat Bandel

Permasalahan kulit wajah yang satu ini bisa menyerang semua orang dari berbagai usia dan gender. Faktor pemicunya yaitu kuman yang ‘hinggap’ di wajah Anda pada pagi hari, lalu menyatu dengan debu polusi dan terakumulasi sampai sore. Jika tidak dibersihkan, maka akan menyatu dengan kuman dan berpotensi menjadi jerawat.

Untuk mengatasi jerawat membandel ini, Anda cuci bersih buah mangga yang masih mentah, kupas, lalu potong-potong. Rebus potongan mangga tersebut sampai mendidih. Nah, air rebusan inilah yang Anda buat sebagai cuci muka, tentunya setelah air mendingin.

Buah mangga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga jika kita mengonsumsinya sesuai takaran, maka kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral dari buah bisa terpenuhi. Tidak perlu jauh-jauh mencarinya, Anda pun bisa menemukan cara melembabkan kulit wajah ini dengan bahan yang ada di halaman rumah.