5 Dampak Buruk Pada Kesehatan Jika Anda Tidur Larut Malam


Tidur menjadi kegiatan sekaligus kewajiban yang dapat kita lakukan untuk mengistirahatkan tubuh kita. Dengan tidur, sebagaimana diungkapkan oleh artikel kesehatan, tidur menjadikan tubuh kita lebih sehat dan lebih bugar lagi. Namun, terdapat beberapa orang yang masih mengabaikan tidur tepat pada waktunya. Dengan kesibukan yang mereka lakukan, biasanya mereka akan lebih sering menunda atau bahkan tidak memedulikan pentingnya tertidur tepat waktu. Mereka cenderung mengulur waktu dan akhirnya tidur di waktu yang telah larut malam.

Tahukah anda? bahwa tidur larut malam atau istilah lainnya adalah begadang dapat menimbulkan berbagai dampak buruk, lho. Hal tersebut berkaitan langsung dengan kesehatan tubuh anda dan tentunya memengaruhi performa anda untuk melakukan aktivitas di keesokan harinya.

Jangan pernah menyepelekan hal kecil, tidur pada larut malam dapat meningkatkan resiko anda mati mendadak. Tentunya hal itu menjadi hal yang sangat serius. Berikut 5 dampak buruk lainnya bila anda tidur pada larut malam.

  • Konsentrasi Berkurang

Tidur dapat membantu merefresh kembali otak anda. Dengan tidur tepat waktu,kualitas berpikir anda akan semakin baik, dan tentunya berpengaruh pada tingkat konsentrasi anda yang lebih tinggi. Namun, bila anda tidur pada waktu larut malam, otak anda akan mengalami penurunan drastis dalam hal berpikir maupun berkonsentrasi.

Tentunya hal tersebut akan berimbas pada aktivitas anda yang tak akan terkerjakan dengan maksimal. Otak anda akan lebih cepat lelah, dan anda juga akan mengantuk selama bekerja ataupun selama proses pembelajaran berlangsung.

  • Menyebabkan Insomnia

Insomnia mungkin pernah atau bahkan sering anda rasakan. Ternyata penyebab dari insomnia juga berasal dari kebiasaan begadang, lho. Seseorang yang suka begadang rentan mengalami insomnia dalam jangka waktu yang lama.

Jika anda mengalami insomnia, biasanya anda akan merasa masih bugar pada saat hari sudah larut malam, dan imbasnya, anda akan terbangun dengan lemas pada keesokan harinya.

  • Obesitas

Mengapa tidur pada waktu larut malam dapat menyebabkan obesitas? Itu terjadi karena jika anda begadang, hormon pengendali nafsu makan akan bermasalah. Memiliki waktu terjaga yang lebih lama tentunya dapat membuat anda lapar, dan karena hormon pengendali nafsu makan anda mengalami masalah, anda akan mulai mengemil pada malam hari.

Makanan utama yang biasanya dimakan adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi atau kandungan karbohidrat yang tinggi. Jadi, tidak diragukan lagi, jika tidur larut malam dapat membuat anda terkena obesitas.

  • Menurunkan Gairah Seksual

Karena jadwal tidur yang tidak baik, atau dengan tidur yang terlarut malam dapat menurunkan tingkat libido dan gairah seksual pada seorang wanita maupun pria. Sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menyatakan bahwa seorang pria yang terbiasa tidur larut malam akan menderita masalah pernapasan. Oleh sebab itu, kandungan testosteronnya akan menurun, sedangkan yang kita tahu bahwa testosteron memiliki peran dalam mendukung libido seks seseorang.

  • Jam Biologis Tubuh Terganggu

Jam biologis tubuh atau dapat dikatakan tugas otak dalam mengatur nafsu makan, jadwal tidur, dan suasana hati seseorang. Jika anda terbiasa tidur pada larut malam, otak anda akan kesulitan membagi tugas dan mengontrol hal tersebut. Oleh sebab itu, jam biologis tubuh anda akan kacau dan akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh anda.

Dengan mengetahui berbagai dampak buruk tidur malam, masihkan anda akan tidur terlalu larut? Kalau iya, artikel kesehatan di atas sangat tidak memberikan dampak positif bagi anda.

Cara Membuat Tumis Kangkung Yang Sempurna

Jika ada yang bilang bahwa tumis kangkung adalah makanannya orang golongan bawah, maka hal tersebut bisa kita terima. Pasalnya, harga tanaman kangkung sendiri itu sangat murah, dimana kita hanya cukup mengeluarkan uang Rp 2 ribu saja per ikatnya. Namun, jika ada yang bilang bahwa tumis kangkung itu rasanya tidak enak, maka perkataan tersebut tidak bisa kita terima. Hal ini terbukti dengan sebagian besar masyarakat Indonesia yang gemar mengonsumsi tumis kangkung, dikarenakan rasanya yang enak dan lezat. Yang lebih hebatnya lagi, ternyata tumis kangkung ini mengandung protein dan vitamin yang bagus untuk tubuh kita.

Berbicara soal rasa kelezatan tumis kangkung, mungkin sebagian besar dari kita ada yang bertanya-tanya “Apa rahasia dibalik rasa kelezatan tumis kangkung ini?“. Sedikit bocoran mengenai rahasianya, ternyata tumis kangkung selalu taburi dengan bumbu penyedap seperti Sasa, dalam proses memasaknya. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, dibawah ini ada resep masakan sehari-hari tumis kangkung yang sempurna :

Tips Sebelum membuat Tumis Kangkung :

  1. Pilihlah kangkung-kangkung yang masih segar, dan jangan memiliih kangkung yang sudah layu.
  2. Memaskanya jangan terlalu lama juga jangan menggunakan api yang besar.
  3. Jika tumis kangkungnya sudah dingin jangan dipanaskan kembali, hal ini memicu kangkung akan mengeluarkan zat beracun.

Bahan-bahan Yang Wajib Ada :

– 1 ikat kangkung yang masih segar

– 2 buah cabai keriting merah

– cabai rawit merah secukupnya

– 3 siung bawang putih

– 3 siung bawang merah

– ¼ sdt garam

– ½ sdt gula pasir

– 1 sachet penyedap rasa

– 1 butir terasi udang

– 2 butir buah tomat

– minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Cuci hingga bersih kangkungnya lalu petik daun dan batangnya.
  2. Cincang atau iris tomat, bawang merah, bawang putih, dan cabai keriting merah.
  3. Panaskan minyak goreng menggunakan api yang sedang, lalu tumis bahan-bahan yang telah diris tadi hingga harum.
  4. Setelah tercium bau harum, masukan cabai rawit merah, garam, gula pasir, dan penyedap rasa, lalu tumis lagi.
  5. Selanjutnya tinggal memasukan kangkung yang telah dipetik, lalu tumis sambil dioseng-oseng sampai setengah matang.
  6. Setelah dirasa cukup setengah matang, masukan lagi buah tomat yang sudah diiris, tumis hingga benar-benar matang.
  7. Tumis kangkung pun siap untuk disantap ramai-ramai.