Ini Dia Titik-titik Kelemahan Manusia!

Jaman makin edan. Tingkat kriminalitas dimana-mana makin meningkat. Kamu musti bisa bela diri, buat jaga-jaga kalo ada yang berniat jahat sama kamu. Tapi kan waktu sekarang berharga banget. Boro-boro buat ikut les bela diri, tidur aja suka kurang kan. Belom lagi musti bayar. Kan mahal. Beli alat buat bela diri macem pepper spray atau taser selain mahal, kan gak praktis. Waktu yang kamu gunakan untuk mengambil pepper spray dari tas kamu bisa membedakan antara hidup dan mati lho. Lebih cepet kalo mau bisa menyerang penjahat itu dengan tangan kosong. 
Nyerangnya gimana MBDC? Tentu saja kamu perlu membuat serangan yang cepat, mudah tapi efektif membuat si penjahat takut. Serang lah titik-titik lemahnya, yang akan MBDC jabarkan nih.
Titik kelemahan manusia

Kepala (Jidat)

Serangan yang tepat di depan kepala, yaitu di jidat, bisa bikin otak di dalem tengkorak bergetar. Serangan ini bisa bikin musuh kehilangan keseimbangan, pusing-pusing, sampe gegar otak.
Cara menyerang: Kalo kamu pemula, lebih disarankan untuk menggunakan telapak tangan, kayak Chinmi kalo make kung fu Peremuk Tulangnya.

Mata

Kalo mata kena serang, si penjahat gak bisa ngeliat. Ya iyalahya.
Cara menyerang: Colok pake jari.

Hidung

Hidung itu termasuk bagian yang lemah karena dibentuk dari tulang rawan. Kalo kamu nyerang idung orang, selain sakit juga bisa keluar air mata sehingga penglihatan terganggu, cukup waktu buat kamu untuk kabur, atau menyerang bagian lainnya.
Cara menyerang: Mirip-mirip sama jidat, kalo kamu pemula disarankan pake telapak tangan aja dengan posisi serangan nanjak gitu biar bikin lawan mendongak kalo kena.

Pelipis

Ini adalah titik paling tipis di batok kepala, dan serangan ke titik ini efeknya bisa lebih bahaya lagi, dari gegar otak, pendarahan otak, bahkan kematian. Hanya dalam situasi hidup mati kamu boleh nyerang titik ini.
Cara menyerang: Pukul keras-keras pake tinju kamu, atau pake teknik “Phoenix Eye,” yaitu tinju tapi jari telunjuk kamu dikeluarin sedikit.

Leher

Agak susah nyerangnya, tapi kamu bisa bikin si penjahatnya pingsan. Atau kalo kamu anaknya dendaman, bisa sih sampe si penjahatnya ‘lewat.’
Cara menyerang: Kamu perlu berada di belakang si penjahat, dan cekek si penjahat dengan lengan kamu dan berikan tekanan khusus di pinggir tenggorokan dimana ada denyut nadi. Kalo kamu melakukan ini dengan benar, si penjahat akan kehilangan kesadaran secara perlahan-lahan. Ato kamu bisa Karate Chop tenggorokannya juga.

Sternum

Ini adalah titik di tulang yang ada di tengah dada. Bagian ini cukup lemah karena biasanya gak tertutup lemak dan gak ada ototnya juga. Kalo diserang, bisa bikin gangguan pernapasan, patah tulang sampe kerusakan pada paru-paru. Gawat juga kan.
Cara menyerang: Ditinju yang keras.

Ulu Hati

Terletak diantara dada dan perut, di dalamnya banyak saraf-saraf yang mengatur banyak hal. Kalo diserang, bisa bikin saraf-saraf itu kacau dan diagfragma berkontraksi secara cepat, menimbulkan sensasi sesak napas dan melumpuhkan lawan. Ini adalah salah satu titik lemah manusia yang gampang diserang.
Cara menyerang: Tinju keras-keras, pake niat dan sambil teriak gitu.

Selangkangan

Gak perlu dijelasin lah ya. Bayanginnya aja udah ngilu.

Hati

Inilah titik paling lemah manusia. Banyak dari kita yang menutupi hati dengan perisai baja karena sesungguhnya jika sudah tersakiti, hati manusia bisa gak sama lagi. Bahkan ada lho yang meninggal karena patah hati.
Cara menyerang: Macem-macem. Bisa di-PHP-in. Bisa kamu bohongin, bilang kalo selama ini kamu gak cinta sama dia, kamu cuma pengen make dia aja. Bilang kamu mau duitnya dia aja. Bisa juga kamu tinggalin begitu aja.

Regard

Rismawan Junandia

Cerita Di Balik Nama-Nama Tempat di Indonesia

Indonesia punya segudang cerita. Dari misterinya, lanskapnya, orang-orangnya yang berprestasi dan banyak lagi lainnya. Kayaknya setiap hal di Indonesia punya keunikan sendiri untuk dibahas. Bahkan sampe nama tempat pun layak diceritain. Kalo gak percaya, baca nih:

1. Bandung

Kota Bandung adalah kota yang menyenangkan dan menenangkan. Well, setidaknya pas hari biasa. Bukan weekend. Kotanya yang sejuk juga melahirkan cewek-cewek lucu yang enak dilihat.
Tahukah kamu darimana asal nama Bandung?
Konon katanya, nama “Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga.
Legendanya nih, nama ini diambil diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.
Menarik ya.

Mari mengheningkan cipta untuk keindahan mojang bandung

Mari mengheningkan cipta untuk keindahan mojang bandung

2. Surabaya

Salah satu kisah dibalik nama tempat yang paling seru di Indonesia, tentu saja adalah Surabaya. Ibukota Jawa Timur ini punya cerita mitos yang keren. Kalo kamu pernah ke Surabaya, pasti pernah deh melihat semacam tugu dimana Hiu bergelut dengan Buaya. Dari situlah asal nama kota ini.
Alkisah, ada Ikan Hiu bernama Sura dan seekor Buaya yang sama-sama kuat dan sama-sama rakus. Dua binatang ini membuat perjanjian untuk tak pernah berebut wilayah. Well, karena mereka seharusnya sudah cukup puas dengan jatah masing-masing.
Nah, tapi suatu hari si Sura mengingkari dan mengambil makan di tempat Buaya. Keduanya pun berantem. Sampe air di sekitarnya berwarna merah karena darah yang dikeluarin. Pertempuran ini akhirnya dimenangin oleh Buaya yang lebih hebat.
Cerita ini sangat berkesan sampe rakyat Surabaya menamakan kotanya dari cerita rakyat ini.

3. Pontianak

Nama yang satu ini lumayan unik, karena bukan cuma cerita rakyat, tapi juga berhubungan dengan hantu rakyat.
Konon kabarnya nama Pontianak berasal dari Bahasa Melayu yang ada hubungannya dengan Kuntilanak.
Kabarnya, Syarif Abdurrahman, pendiri kerajaan Pontianak sering diganggu oleh Kuntilanak ketika beliau menyusuri sungai Kapuas. Uniknya, Syarif Abdurrahman sampe terpaksa ngelepasin tembakan meriam buat ngusir hantu. Di mana meriam itu jatuh, disitulah kesultanan didirikan.
Tempat itulah yang kini jadi Pontianak.
Luar biasa juga ya.

4. Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat udah gak usah dipungkiri lagi ya. Gak perlu berada di sana, cukup lihat foto-fotonya, kamu udah bisa membayangkan betapa menariknya tempat tersebut.
Nama dibalik Raja Ampat ternyata lucu juga. Dikisahkan, ada sepasang suami istri yang menemukan enam telur naga. Tanpa berpikir panjang, mereka membawa pulang telur tersebut.

Satu lagi nemu lengkap tuh. Eh telur ya? Bukan bola?

Satu lagi nemu lengkap tuh. Eh telur ya? Bukan bola?

Nah, dari keenam telur naga ini menetaslah lima manusia yang empat diantaranya menjadi raja di empat pulau yang besar.  War diangkat raja di Waigeo, Betani diangkat di Salawati, Dohar di Lilinta, dan Mohamad di Waiga.
Oh iya, bagaimana nasib satu lagi? Yang satu terakhir, gagal menetas dan disimpan sebagai penghormatan.

5. Wamena

Perlu diingat, untuk penamaan sebuah tempat, sanbat tergantung pada siapa yang menulis sejarah. Kalau tempat-tempat sebelumnya dikenal karena kerajaan dibangun di tempat tersebut. Ada juga nama tempat yang dinamai orang asing yang baru datang. Wamena adalah contohnya.
Wamena sebenernya berarti “Anak Babi”, tapi karena terjadi kesalahpahaman antara pendatang dengan orang setempat. Alhasil, tempat ini secara tak sengaja dinamai Wamena.
Ceritanya ada beberapa anak gadis penggembala babi yang sedang membawa babi berjalan-jalan.

Ilustrasi

Ilustrasi Cerita

Nah, ketika mereka sedang menyusuri hutan. Tahu-tahu ada seorang kulit putih datang. Sementara yang lain ketakutan, satu anak tetap bertahan (meskipun ketakutan juga). Si pendatang bertanya “Tempat apakah ini?”. Karena gak tahu harus jawab apa, si anak gadis menjawab dengan “Tu wamena…” (Itu anak babi).
Ketika Belanda datang ke wilayah itu untuk menjajah. Wilayah itu pun dinamakan Wamena. Karena, emm mereka sebenernya gak tahu nama tempat itu apa.
Gila ya. Pasti banyak yang gak tahu cerita di atas. Ternyata, banyak hal yang masih belum diketahui tentang Indonesia. Semoga MBDC bisa terus membagi ceritanya ya.

Regard

Rismawan Junandia

5 Cara Membuka Pembicaraan

5 Cara Membuka Pembicaraan

 
Apakah kamu tergolong sebagai orang yang pemalu? Bingung gimana caranya ngajak kenalan orang yang udah lama pengen kamu ajak kenalan? Atau kamu sering pengen ngobrol atau sekedar basa-basi sama orang tapi kamu gak tau gimana cara memulainya? Nih MBDC kasih tau kamu gimana caranya membuka pembicaraan.

Perhatikan Penampilan

Kamu gak harus jadi orang paling cantik atau ganteng sedunia kok untuk membuka pembicaraan dengan orang yang gak kamu kenal, tapi jangan sampe bentuk kamu menakuti lawan bicara kamu juga.
Kalau kamu baru pulang dari hidup di gua selama 6 tahun terakhir ya ada baiknya kamu mandi dulu baru membuka pembicaraan dengan orang lain.

Lakukan Dengan Spontan

MBDC tau, sering kali memang susah membuka pembicaraan. Pikiran seperti “ngomong apaan ya” atau “kalo ganggu dia gimana ya” atau “kalo dicuekin gimana ya” pasti sering terlintas di pikiran kamu. Tapi ini bakal bikin kamu terlihat sungguh creepy.
Lakukan dengan spontan, seolah-olah kamu gak punya pikiran-pikiran di atas, jadi kamu gak dianggap creepy dan kesempatan kamu untuk sukses membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal akan menjadi bertambah besar.

Pilih Topik Yang Ringan

Jangan pernah membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal menggunakan topik-topik berat seperti afiliasi politik dan agama atau topik-topik sensitif seperti besar gaji dan besar buah dada.
Topik yang ringan memungkinkan lawan bicara kamu untuk memberikan jawaban tanpa berpikir terlalu panjang, dari situ pembicaraan bisa mengalir.

Cek Bau

Ini mustinya jadi poin nomer dua sih, cuma tadi lupa, baru inget sekarang, jadi gak apa apa deh ditaruh di sini aja. Kalau kamu mau membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal sebelumnya, pastikan kamu bebas bau. Baik bau badan, bau kaki maupun bau mulut. Sungguh, jika kamu bau, kemungkinan pembicaraan kalian akan berhasil berada di level 0%.

Sampaikan Pesan yang Positif

Sebisa mungkin ceriakan hari orang yang ingin kamu ajak bicara, biar dia juga jadi semangat nanggepin kamu ngobrol. Pesan yang positif itu pesan yang seperti apa sih? Ya yang isinya baik-baik misalnya “wah cerah banget ya hari ini” atau “eh tas kamu keren banget”.
Jangan pilih pesan-pesan yang negatif seperti “Gila hari ini capek banget nih” atau “itu muka atau sandal refleksi?”. Pesan-pesan negatif tidak akan diterima dengan baik oleh lawan bicara kamu.
Nah itu tadi gimana caranya membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal. Sekali-kali ngobrol dong kalau di tempat umum. Masa main hp terus.
 

 
source : Malesbanget.com
Regard

Rismawan Junandia

5 Cara Ngasih Tau Pasangan Untuk Diet

Bentuk badan yang ideal itu emang sulit untuk dimiliki. Tapi sebenernya sih gak ada yang ideal di dunia ini, maka dengan kata lain mau bentuk badan kamu seperti apapun itu gak jadi masalah, toh pasti ada aja yang suka sama kamu. Cuma emang ada masanya sih kamu bakal ngerasa risih sama bentuk badan kamu, atau mungkin bentuk badan pasangan kamu. Nah kalau kamu risihnya sama bentuk badan pasangan kamu, biasanya sih kamu sebisa mungkin bakal ngasih tau dia untuk diet. Gini nih cara ngasih taunya

Ngomong Langsung

Kalau kamu udah ngerasa kegantengan banget, kebanyakan duit banget, maka kamu bisa dengan mudah langsung bilang ke pasangan kamu. “Sayang, kamu gendut banget sih sekarang, diet dong!” Trus pasangan kamu bakal jawab,“Kamu kok jahat banget sih ngomong kayak gitu. Padahal kamu juga yang bikin aku makin gemuk. Tiap malem diajakin main terus.” Trus kamu bisa jawab lagi,“Ya terserah kamu lah. Kalau gak mau diet, aku bisa cari cewek lain yang lebih kurus.”  Tapi kalau muka kamu pas-pasan, udah gitu duit juga gak punya, maka amat tidak disarankan untuk ngomong langsung soal berat badan. Bukan apa-apa sih, mawas diri aja.  Udah bagus masih ada yang mau sama kamu.
Cara ini  emang agak kurang bijak banget. Mau kamu ganteng atau nggak, sebisa mungkin jangan ngomong langsung sih. Kecuali kalau kamu dan pasangan gaya pacarannya asik banget kayak Raffi dan Gigi gitu deh.

Beliin Baju yang Ukurannya Kecil

Cara berikut ini sangat jenius sekaligus sangat halus banget. Dengan ngebeliin baju, kamu bakal terlihat sayang banget sama pasangan kamu. Tapi biar niat kamu terlaksana, baju yang kamu beliin yang ukurannya itu pasti gak muat di badan pasangan kamu. Trus kalau perlu kamu beliin baju yang harganya mahal banget, atau baju itu emang udah jadi inceran pasangan kamu. Maka yang akan terjadi akan seperti ini
Pasangan kamu: Aduh, sayang ini baju yang aku pengen banget. Kamu gak apa-apa nih sayang? Harganya kan mahal banget!
Kamu: Buat kamu apapun aku kasih
Pasangan kamu: Tapi kayaknya gak muat sama aku deh. Huhuhuh. Aku nurunin berat badan deh biar bisa pake nih baju.

Kalau kamu beliin baju ini yang ada pasangan kamu bakal terus gede badannya

Kalau kamu beliin baju ini yang ada pasangan kamu bakal terus gede badannya

sumber foto: tralaalaa.wordpress.com

Lewat Jalan Sempit

Cara berikutnya yang lebih halus adalah dengan melewati jalan sempit. Jadi gini, kalau kamu lagi jalan bedua pasangan kamu. Maka sebisa mungkin kamu pilih jalan yang posisinya agak sedikit sulit dilewati. Ya, sulit dilewati sama orang berbadan gemuk atau gendut. Misalnya lewat diantara dua mobil yang parkirnya hampir berdempetan atau kamu ajak dia jalan di gang seperti ini
akses_gang_sempit_menuju_rumah_debitur
sumber foto: djkn.kemenkeu.go.id
Nah kalau badan pasangan kamu sedikit gemuk, maka dia bakal ngeluh ke kamu.“Kenapa sih milih jalan sempit banget?” Trus kamu bisa jawab,“Loh tiap hari kita kan lewat jalan ini!” Kemudian pasangan kamu pun mulai menyadari bahwa badannya makin melebar, dan sudah waktunya melakukan diet.

Ajak Foto

Orang jaman sekarang itu bakal sadar bahwa dirinya itu jelek, ganteng, kurus, atau mungkin gendut begitu ngeliat foto dirinya sendiri. Oleh karena itu cara selanjutnya buat ngasih tau pasangan kalau dia butuh diet adalah dengan ngajak dia untuk berfoto. Bisa kamu fotoin dia sendirian, atau kamu foto bareng. Nah setiap abis foto gitu pasti pasangan kamu bakal ngomong,“Liat dong fotonya.” Yang menjadi bentuk approval sebelum foto tersebut dishare. Kalau ternyata pasangan kamu gendutan, dia bakal ngomong kayak gini sehabis liat foto tersebut, “Yaaaaaah, aku gendutan di foto ini. Ulang dong fotonya.” Dan setelah foto kesepuluh, maka yang terjadi bakal seperti ini,”Ternyata aku emang gendutan yah, huhuhuhu. Mulai besok diet deh!”
Dipuji
Cara terakhir adalah kamu puji pasangan kamu. Jangan, jangan kamu suruh dia diet, malah sebaliknya kamu menunjukan kalau kamu sangat menyukai bentuk badan pasangan kamu yang saat ini. Nah gini dong sayang, aku jadi pengen terus nih kalau badan kamu montok kayak gini!” Nah karena pada dasarnya orang itu risih sama badannya yang agak gemuk, maka sehabis kamu ngomong, dijamin pasangan kamu bakal kalang kabut seraya ngeliat dirinya di depan cermin.
Sekarang kamu udah tau kan gimana caranya ngasih tau pasangan untuk diet. Praktekin ya. Kasih tau berhasil atau nggak di komen. Eiya, kalau kamu mau nambahin juga boleh lho.

Source : Malesbanget.com

Regard

Rismawan Junandia

Pengertian Class Diagram

Class diagram digunakan untuk menampilkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam system. Class diagram memberikan gambaran system secara statis dan relasi antar mereka. Biasanya, dibua beberapa class diagram untuk system tunggal. Beberapa diagram akan menampilkan subset dari kelas-kelas dan relasinya. Dapat dibuat beberapa diagram sesuai dengan yang diinginkan untuk mendapatkan gambaran lengkap terhadap system yang dibangun.
Class diagram adalah alat perancangan terbaik untuk tim pengembang. Diagram tersebut membantu pengembang mendapatkan struktur system sebelum kode ditulis, dan membantu untuk memastikan bahwa system adalah desain terbaik.
          Kelas
Kelas adalah sesuatu yang membungkus informasi dan perilaku. Secara tradisional, system dibangun dengan ide dasar bahwa akan menyimpan informasi pada sisi baris data dan data perilaku pengolahnya pada sisi aplikasi. Salah satu perbedaan terstruktur dengan pendekatan berorientasi obyek adalah

pada berorientasi obyek menggabungkan informasi dan perilaku pengolah informasi dan menyembunyikan semua kedalam sesuatu yang disebut kelas. Dalam UML, kelas ditunjukkan menggunakan notasi sebagai berikut.

 
Bagian paling atas pada notasi Class digunakan sebagai nama kelas, dan secara opsional juga digunakan stereotype-nya. Bagian tengah digunakan untuk menyimpan atribut, dan bagian paling bawah digunakan menyimpan operasi.
          Menentukan kelas
Cara yang baik untuk menemukan kelas-kelas adalah mulai dari memperhatikan aliran kejadian (flow of event) dari suatu use case. Perhatikan kata benda didalam aliran kejadian, mungkin merupakan salah satu dari empat hal berikut.
1.      Actor
2.      Kelas
3.      Atribut dari kelas
4.      Ekspresi, bukan actor, bukan kelas, dan bukan atribut.
Dengan melakukan seleksi kata benda dalam aliran kejadian, dapat ditemukan kelas-kelas dalam system. Alternative lainnya, dapat di uji obyek-obyek dalam sequence diagram dan collaboration diagram.
Ada dua cara yang biasa dilakukan berkaitan dengan urutan pendefinisian antar kelas-kelas dalam class diagram dan sequence diagram atau collaboration diagram. Yang pertama, dengan membuat sequence diagram atau collaboration diagram lebih dulu. Kemudian melanjutkannya dengan membuat class diagram. Sebaliknya, yang kedua, yaitu dengan menemukan kelas-kelas dan membuat class diagram terlebih dahulu, kemudian menggunakan kelas-kelas terebut sebagai “Kamus” obyek-obyek dan relasinya untuk membuat sequence diagram atau collaboration diagram.
          Stereotype pada kelas
Stereotype adalah sebuah mekanisme yang digunakan untuk mengkategorikan kelas-kelas. Misalnya, dapat dibuat stereotype form lebih dulu, kemudian menentukan kelas-kelas dilangkah selanjutnya. Fitur ini membantu untuk lebih memahami tanggung jawab terhadap masing-masing kelas dalam model. Kelas-kelas dengan stereotype ‘form’ bertanggung jawab menampilkan dan menerima informasi dari pemakai.
Stereotype juga membantu dalam proses pembangkitan kode. Ketika proses pembangkitan kode, stereotype kelas menentukan tipe kelas yang akan diabawa kebahasa pemrograman.
Beberapa Stereotype dapat digunakan sejak pada tahap proses analisis, pada saat belum ditentukan bahasa pemrograman teretentu untuk membangkitkan kode. Stereotype juga dapat tergantung pada bahasa pemrograman yang dipilih dan digunakan pada tahap proses desain.
Ketika analisis, kelas-kelas dapat dikategorikan menurut fungsi yang mereka lakukan. Ada 3 tipe Stereotype kelas dalam UML yang digunakan pada analisis, yaitu : pembatas (boundry), entitas(entity) dan control.
a.       Kelas-kelas pembatas
Kelas-kelas pembatas adalah kelas-kelas yang terletak antara system dengan dunia sekililingnya. Semua form, laporan-laporan, antarmuka(interface) keperangkat lunak seperti Printer atau scanner, dan antar muka (interface) ke system lainnya adalah termasuk dalam kategori ini. UML mempresentasikan
kelas pembatas sebagai berikut.
Untuk menemukan dan mengidentifikasi kelas-kelas pembatas dapat dilakukan dengan menguji diagram use case. Minimal harus ada satu kelas pembatas untuk setiapa interaksi antara actor – use case. Kelas pembatas adalah apa saja yang memungkinkan actor berinteraksi dengan system.
Tidak perlu membuat kelas pembatas untuk setiap pasangan actor- use case. Sebagai contoh, bila mempunyai dua actor yang sama-sama menginisialisasi use case yang sama untuk berkomunikasi dengan system.
b.      Kelas-kelas entitas
Kelas-kelas entitas menangani informasi yang disimpan dalam penyimpanan tetap. Kelas entitas biasanya ditemukan dalam aliran kejadian (flow of event) pada diagram interaksi. Mereka adalah kelas-kelas yang sebagian besar bermakna terhadap pemakai dan secara tipikal diberikan nama menggunakan teknologi domain bisnisnya.
       Perhatikan kata benda dalam aliran kejadian. Beberapa kata benda akan menjadi kelas entitas dalam system. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan struktur basis data. Jika rancangan basis data telah dibuat, perhatikan nama-nama table. Tabel-tabel menangani beberapa record informasi secara permanen, sementara kelas entitas, menangani informasi didalam memori computer saat computer sedang dihidupkan. Dalam UML, notasi kelas entitas digambarkan sebagai berikut.
Dari rancangan basis data, dapat di telusuri balik beberapa field pada basis data kebutuhan system. Kebutuhan system menentukan aliran kejadian(flow of event), dan aliran kejadian menentukan obyek-obyek, kelas-kelas, dan attribut-attribut dalam kelas. Masing-masing attribut dalam kelas entitas mungkin akan menjadi field dalam basis data.
c.       Kelas-kelas Kontrol
Kelas kontrol bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan terhadap kelas lainnya. Kelas ini bersifat opsional, tetapi jika kelas Kontrol ini digunakan, maka secara tropical satu kelas control untuk satu use case tersebut. Ada kelas-kelas control yang digunakan bersama oleh beberapa use case. Dalam UML, notasi kelas entitas digambarkan sebagai berikut.
          Penamaan kelas
Masing-masing kelas harus mempunyai nama yang unik. Sebagian besar organisasi mempunyai konvensi penamaan sendiri untuk menamakan kelas-kelas yang dibuatnya. Umumnya kelas-kelas dinamakan menggunakan kata benda tunggal.
Nama kelas tidak menggunkan spasi. Ini dilakukan karena alasan praktis, dimana beberapa bahasa pemrograman tidak membolehkan adanya spasi. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa nama kelas hendaknya pendek, cukup untuk menjelaskan apa yang akan kelas lakukan.
Jadi penamaan kelas sangat tergantung pada organisasi kita. Jika kita mempunyai kelas yang digunakan dalam organisasi yang bersangkutan, tetapi yang jelas bahwa hal tersebut harus konsisten digunakan untuk keseluruhan kelas-kelas yang dibuatnya.
          Visibilitas kelas
Pilihan visibilitas menentukan dapat tidaknya sebuah kelas dilihat dari luar paket. Ada 3 pilihan visibilitas untuk sebuah kelas yaitu :
1.      Public
2.      Menyatakan bahwa sebuah kelas dapat dilihat dari kelas-kelas lainnya dalam system.
3.      Protected atau private
4.      Menyatakan bahwa sebuah kelas dapat dilihat dari kelas-kelas majemuk(nested), friends, atau dari kelas itu sendiri.
5.      Package atau implementation.
6.      Menyatakan bahwa sebuah kelas dapat dilihat hanya oleh kelas yang lain dalam paket yang sama.
          Multiplicity kelas
Multiplicity memberikan gambaran ebuah instant yang akan ditampung dalam kelas. Misalnya, dalam kelas pegawai, kita mungkin mempunyai beberapa instant, satu untuk Ani, satu untuk Ina, satu untuk Nana dan seterusnya. Sehingga Multiplicity untuk kelas pegawai diset n. Pada kelas control, Multiplicity diset 1, karena pada saat aplikasi berjalan hanya satu kelas.
Beberapa jenis Multiplicity kelas.
Table Multiplicity untuk kelas :
Multiplicity
Arti
n (default)
Banyak
0..0
Nol
0..1
Nol atau Satu
0..n
Nol atau Banyak
1..1
Tepat satu
1. .n
Satu atau banyak
Table Notasi Multiplicity menggunakan kustomisasi
Format
Arti

Tepat
..
Antara
..
Atau nol
,
, ..
Tepat atau antara dan
.. ,
..
Antara dan atau antara dan
          Paket
Paket digunakan unruk mengelompokkan kelas-kelas yang mempunyai kesamaan. Dalam UML, digambarkan sebagai berikut :
Ada beberapa cara mengelompokkan kelas-kelas dalam paket, tetapi bagaimanapun juga,  kelas-kelas dapat dikelompokkan dalam paket yang sama tergantung dari keinginan kita sendiri. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah berdasarkan Stereotype-nya. Dengan pendekatan ini, dapat dibuat satu paket untuk kelas-kelas entitas, dan satu kelas untuk  kelas-kelas control.
Pendekatan lainnya yang dapat digunakan adalah dengan fungsionalitasnya. Misalnya, kita punya paket security untuk kelas-kelas yang digunakan menangani keamanan system.
Akhirnya, dapat digunakan kombinasi dua pendekatan diatas. Paket dapat dibuat bersarang, dimana satu paket mengandung paket lainnya. Pada level tertinggi, dapat dikelompokkan berdasarkan fungsionalitasnya, kemudian diikuti dengan sub fungsionalitasnya lainnya atau dengan stereotype-nya.
 
 Source : http://mrofiuddin.blogspot.com/2011/11/pengertian-class-diagram.html
Regard

Rismawan Junandia

Tahukah Anda Fitur Lainnya Yang Terdapat di Blockchain.info ??

Bukan hal yang umum lagi bahwa blockchain.info adalah salah satu wallet yang banyak di pakai para bitcoiners. Namun tahukah anda, […]

Bukan hal yang umum lagi bahwa blockchain.info adalah salah satu wallet yang banyak di pakai para bitcoiners. Namun tahukah anda, bahwa ada fitur yang tersembunyi di blockchain.info ?? Berikut ulasannya:

Visual Bitcoin Nodes dan Miner

Meskipun tidak terlalu berguna namun fitur ini terbilang cukup keren. Fitur ini menunjukkan distribusi node bitcoin dan para penambang di seluruh dunia. Anda dapat mencoba model 3d untuk mencari tahu, mana komputer yang bertanggung jawab memfasilitasi transaksi Bitcoin.

Link: https://blockchain.info/nodes-globe?series=onlineNow

100 Alamat Paling Populer

Blockchain.info memungkinkan anda untuk melihat alamat Bitcoin yang paling banyak menerima pembayaran hari ini. Tidak heran alamat Bitcoin dari SatoshiDice sering nongkrong di sini. :mrgreen:
Link: https://blockchain.info/popular-addresses

Distribusi Hashrate di antara ‘Pool’ Pertambangan

Salah satu yang menjadi perhatian utama bagi keamanan jaringan Bitcoin adalah bagaimana terdesentralisasinya upaya pertambangan Bitcoin. Jika suatu pertambangan mengontrol sejumlah besar hashrate yang secara teoritis dapat menyebabkan serangan 51%. Di bagan ini Blockchain.info memungkinkan Anda untuk melihat distribusi hashrate penambangan.

Hmm.. udah lama ga perhatiin ghash.io kayaknya ada penurunan nih. Atau mungkin hashrate sedang di alihkan juga. Tapi alamat ini keren juga gan, https://blockchain.info/address/1BX5YoLwvqzvVwSrdD4dC32vbouHQn2tuF pegang 6% tuh dari total hashrate. :mrgreen:
Link: https://blockchain.info/pools

Transaksi Bitcoin yang Terbesar

Mungkin anda penasaran berapa transaksi terbesar yang dilakukan dengan Bitcoin? Blockchain.info memungkinkan Anda untuk melihat transaksi Bitcoin terbesar dari 50.000 transaksi terakhir yang ada.
Link: https://blockchain.info/largest-recent-transactions?show_adv=false

Mengirim Bitcoin ke Banyak Alamat Dengan Hanya 1x Transaksi

Nah fitur ini bermanfaat untuk aktivitas yang membutuhkan pembayaran ke banyak alamat.

Link: https://blockchain.info/wallet/login#send-custom

Mengirim Bitcoin via E-mail atau SMS

Anda bisa mengirimkan Bitcoin kepada orang-orang yang belum memiliki dompet (wallet) Bitcoin dengan mudah menggunakan email / SMS. Nantinya si penerima akan mendapatkan email yang memberitahukan ada Bitcoin yang di kirimkan kepadanya. Tentunya jika ingin bertransaksi menggunakan Bitcoin haruslah mempunyai dompet terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat gan!

Regard

Rismawan Junandia

Deposit di Tutup, Justcoin Resmi Menghentikan Operasional

Satu lagi kabar buruk tentang salah satu exchanger yang resmi menghentikan operasional dalam bisnis cryptocurrency. Justcoin. Dalam e-mail yang saya dapati, […]

Satu lagi kabar buruk tentang salah satu exchanger yang resmi menghentikan operasional dalam bisnis cryptocurrency. Justcoin. Dalam e-mail yang saya dapati, berisi pengumuman:

“Dengan hormat
Pengguna Justcoin,
Mulai hari ini deposit ditutup. Dan untuk pertukaran, akan ditutup esok hari, 29 Oktober. Kami mendesak semua pengguna untuk menarik dana sesegera mungkin. Batas akhir penarikan adalah 11 November.
Silakan tunggu hingga 24 jam untuk proses penarikan. Kami akan secara manual melakukan proses penarikan massal semua mata uang.
Justcoin akan menghentikan semua operasi. Bank kami memberitahukan bahwa tidak lagi menerima bisnis yang berhubungan dengan mata uang digital. Hal yang sama berlaku juga untuk bank lain di Norwegia. Tanpa rekening bank kami tidak memiliki bisnis. Jika Anda memerlukan bantuan atau memiliki masalah dengan proses penarikan silahkan hubungi support@justcoin.com. Kami ingin berterima kasih kepada semua pelanggan setia kami atas semua dukungan yang di berikan.
Terima kasih,
Klaus & Andreas, pendiri Justcoin.”

Regard

Rismawan Junandia